SEHAT

Ternyata Ada Otak “Kedua” di Perut Manusia

MAKLUMATNEWS.com – Seperti yang kita ketahui bahwa otak adalah organ yang mengontrol semua fungsi, pikiran, dan refleks dalam tubuh yang terletak  di bagian atas tubuh atau di kepala. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan mengungkapkan, sebenarnya manusia memiliki otak “kedua” yang berada di perutnya.

Mengutip dari kompas.com, para ahli dari ASAP Science mengatakan bahwa otak kedua manusia ini mengandung bakteri yang mirip dengan struktur otak yang dapat memengaruhi mood, perilaku, dan kesehatan mentalnya. Otak kedua ini terdiri dari kumpulan saraf yang disebut dengan sistem saraf enterik di pencernaan, berada di usus dan mengendalikan banyak hal yang tanpa kita sadari.

Yang membuat sistem saraf enterik ini  sangat istimewa di tubuh manusia adalah saraf ini dapat  mengontrol seluruh sistem pencernaan, mulai dari kerongkongan sampai anus. Sistem ini juga bisa berfungsi sendiri seutuhnya, bahkan ketika terpisah dari otak. Selain itu, sistem saraf ini juga memengaruhi mood dan perilaku kita sebagai manusia. Lebih dari separuh dopamin dan 90 persen serotonin, dua jenis hormon yang terkait dengan perasaan gembira, diproduksi oleh bakteri di usus. Bakteri usus tersebut juga mengirimkan sinyal secara langsung ke otak untuk meminta jenis makanan tertentu contohnya jika kita ingin makan makanan manis.

Selama evolusi, tubuh manusia mengembangkan sistem saraf enterik sebagai cara berkomunikasi antara otak dan usus. Ini karena apa yang kita asup berpengaruh besar pada kelangsungan hidup.

Bakteri usus juga bukan hanya mengontrol nafsu makan, tetapi juga pada mood atau suasana hati kita sehari-hari. Beberapa penelitian menunjukkan, mengonsumsi yogurt yang mengandung bakteri baik akan mengurangi depresi dan kecemasan. Bakteri usus yang sehat juga bisa meningkatkan daya tahan kita terhadap emosi negatif sehingga kita bisa bersikap memaafkan dan bersosialisasi.

BACA JUGA  Obat Alami Asam Lambung, dr. Zaidul Akbar Beberkan Beberapa Bahan Ini Bisa Menyembuhkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button