PALEMBANG

Cegah Inflasi Dari Kenaikan Harga BBM,  Pemkot Palembang Kucurkan Dana Rp 9,8 Miliar Untuk Warganya..!

MAKLUMATNEWS.com,Palembang,-Hindari inflasi dampak dari naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan bagi-bagi rezeki kepada masyarakat total Rp9,8 miliar mulai Oktober mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, program penanganan dampak inflasi ini mempedomani aturan kementerian. Dimana anggaran bersumber dari penyisihan transfer umum, penerimaan Dana Anggaran Umum (DAU), dan Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar 2 persen.

“Pagu anggaran sebesar Rp9,8 miliar untuk disalurkan kepada masyarakat Kota Palembang,” katanya.

Adapun peruntukan dalam program bantuan ini ada 3 jenis, yaitu untuk bantuan sosial (bansos) kepada driver ojek online (Ojol), penciptaan lapangan kerja melalui swakelola rehabilitasi jalan pemukiman, dan penghapusan beban tetap amendemen dan tagihan air dari PDAM bagi pelanggan MBR.

Untuk Ojol dianggarkan sebesar Rp3,1 miliar dengan jumlah estimasi penerima ada sekitar 7.000 pengemudi/ driver ojol. Syarat minimal sudah jadi Ojol 3 bulan, dan tergabung dalam Asosiasi Driver Online (ADO).

“Setiap driver Ojol akan diberikan Rp150 ribu selama 3 bukan, Oktober, November dan Desember,” katanya.

Kemudian, bantuan yang ditujukan untuk penciptaan lapangan kerja dengan nilai anggaran Rp4,6 miliar.

“Rehabilitasi infrastruktur khusus nya jalan pemukiman dengan sasaran jalan pemukiman berupa swakelola padat karya sehingga menciptakan lapangan kerja,” katanya.

Lalu, perlindungan sosial yang ditujukan berupa pembebasan beban tetap dan pembayaran air bagi pelanggan PDAM MBR dengan jumlah pelanggan sebanyak 15 ribu pelanggan.

“Penghapusan beban tetap amendemen Rp10.500 per pelanggan, dan pembayaran air maksimal Rp35.000 per pelanggan selama 3 bulan itu,” katanya.

Untuk memastikan program ini terlaksana. Pihaknya tengah melakukan
validasi dan verifikasi untuk penerima bantuan tepat sasaran, tepat jumlah dan lain-lain.

BACA JUGA  Penjabat Gubernur Sumsel Lakukan Sidak, Ini Hasilnya

“Program ini kita sudah sampaikan ke pemerintah pusat dalam hal ini Kemenkeu dan Kemendagri,” katanya. (pitria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button