SEHAT

Dinkes Kota Palembang Himbau Masyarakat Waspadai Curah Hujan Tinggi, Angka DBD Naik Signifikan

MAKLUMATNEWS. com, Palembang–Curah hujan yang mulai tinggi di Kota Palembang beriringan dengan naiknya angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Sampai dengan 15 September mencapai 673 kasus.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Yudi Setiawan mengatakan, diharapkan warga untuk menjaga lingkungan rumah agar bersih.

Terutama dengan menjaga kebersihan tempat penampungan air, bak mandi, itu sudah sering diinformasikan dan masyarakat pasti sudah tau.

“Nyamuk ini senang ada di air bersih, jadi tutup dan jaga kebersihannya, kalau tidak jadi sarang nyamuk DBD,” katanya, Senin (19/9/2022)Angka kasus DBD 2022 ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan angka kasus di tahun sebelumnya. Total kasus 2021 sebanyak 246, sedangkan tahun ini hingga pertengahan September sudah 673 kasus.

“Ada kenaikan dari tahun lalu. Ini disebabkan beberapa faktor, baik cuaca ataupun tingkat kunjungan masyarakat ke fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes),” katanya.

Kenaikan angka kasus DBD yang signifikan ini Kemungkinan karena memang faktor cuaca dimana curah hujan lebih tinggi 2022 dibandingkan 2021.

“Dengan curah hujan lebih tinggi, sehingga potensi untuk terbentuk tempat perindukan nyamuk juga lebih banyak,” katanya.

Sedangkan dari sebaran kasus, dari data yang dibagikan Dinas Kesehatan lokasi dengan jumlah DBD tertinggi berada di kecamatan Kalidoni dengan 76 kasus, plaju dengan 68, Ilir Timur II dengan 66 kasus, sukarami dengan 54 kasus, dan untuk kecamatan lain jumlah kasus di rentang 15-47 kasus. (Pitria)

BACA JUGA  Rektor Unsri Resmikan Gedung Klinik Kesehatan Unsri Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button