NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al Maidah Ayat 89 Sumpah dan Kaffarahnya

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-Ma’idah Ayat 89 berbunyi :

{ لَا یُؤَاخِذُكُمُ ٱللَّهُ بِٱللَّغۡوِ فِیۤ أَیۡمَـٰنِكُمۡ وَلَـٰكِن یُؤَاخِذُكُم بِمَا عَقَّدتُّمُ ٱلۡأَیۡمَـٰنَۖ فَكَفَّـٰرَتُهُۥۤ إِطۡعَامُ عَشَرَةِ مَسَـٰكِینَ مِنۡ أَوۡسَطِ مَا تُطۡعِمُونَ أَهۡلِیكُمۡ أَوۡ كِسۡوَتُهُمۡ أَوۡ تَحۡرِیرُ رَقَبَةࣲۖ فَمَن لَّمۡ یَجِدۡ فَصِیَامُ ثَلَـٰثَةِ أَیَّامࣲۚ ذَ ٰ⁠لِكَ كَفَّـٰرَةُ أَیۡمَـٰنِكُمۡ إِذَا حَلَفۡتُمۡۚ وَٱحۡفَظُوۤا۟ أَیۡمَـٰنَكُمۡۚ كَذَ ٰ⁠لِكَ یُبَیِّنُ ٱللَّهُ لَكُمۡ ءَایَـٰتِهِۦ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ }

Artinya :

Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah kamu yang tidak disengaja (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kafaratnya (denda pelanggaran sumpah) ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yan biasa kamu berikan kepada keluarga kamu, atau memberi mereka pakaian atau memerdekakan seorang hamba sahaya. Barang siapa tidak mampu melakukannya, maka (kafaratnya) berpuasalah tiga hari. Itulah kafarat sumpah-sumpahmu apabila kamu bersumpah. Dan jagalah sumpah kamu. Demikianlah Allah menerangkan hukum-hukum-Nya kepada kamu agar kamu bersyukur (kepada-Nya).

Pada ayat ini Allah menjelaskan tentang sumpah. Bahwa Allah tidak akan menghisab/menghitung dosa terhadap sumpah yang dilakukan tanpa niat dan kesengajaan. Allah hanya akan menghitung sumpah yang disengaja, diniatkan dan diazamkan dalam hati.

Terhadap sumpah yang disengaja maka cara kafarahnya adalah memilih;

1. Memberi makan 10 orang miskin dengan konsumsi yang menengah di antara konsumsi penduduk. Setiap orang miskin memperoleh setengah sha’.
2. Atau memberi mereka pakaian yang layak dan standar di daerah tersebut
3. Atau memerdekakan hamba sahaya.

Jika ketika hal tersebut tidak memungkinkan maka bisa diganti dengan puasa selama 3 hari.
Demikianlah kaffarat dari sumpah. Karenanya jagalah sumpahmu, sehingga tidak tergelincir dalam sumpah yang dusta, juga janganlah terlalu mudah untuk bersumpah serta hindarilah menghianati sumpah.

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 67 Tugas Rasulullah SAW Hanyalah Menyampaikan

Demikianlah Allah menjelaskan hukum-hukum halal dan haram agar kalian bersyukur dengan cara berpegang teguh padahal hal-hal yang halal dan menghindari hal-hal yang haram.

 

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button