MURATARA

410 Personil Polres Muratara Amankan Pilkades Serentak

MAKLUMATNEWS.com, MURATARA-
Sebanyak 410 personil dari Polri, Brimob dan TNI dikerahkan untuk mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 50 Desa dalam wilayah Muratara.

Pergeseran pasukan tersebut dilaksanakan dalam kegiatan apel pergeseran pengamanan Pilkades serentak di halaman Mapolres Muratara, Selasa (20/9/2022).

Kapolres Muratara, AKBP Ferly Rosa Putra, S.ik mengatakan bahwa hari ini merupakan langkah kesetian dari kita dalam rangka mendukung kegiatan pemerintah daerah mengamankan pilkades serentak 50 desa dalam wilayah Kabupaten Muratara.

” Hari ini apel pergeseran pasukan pengamanan Pilkades serentak menuju kecamatan, kemudian menuju desa tempat dilaksanakannya pilkades. Personil akan berada di TPS dan kantor desa, kantor kecamatan mulai terhitung Selasa (20/9/2022) sampai dengan Jumat ,(23/9/2022),”jelasnya.

Dijelaskanya bahwa personil dikerahkan 410 personil dengan rincian 240 personil Polres Mura, 100 personil Brimob Polda Sumsel dan 50 personil Dalmas BKO Polda Sumsel dan 20 anggota TNI yang saat ini sudah hadir.

Berapa jumlah personil di setiap TPS? Dia mengatakan untuk personil di tiap-tiap TPS, kita sudah buat kategori sasi dan tipologi bahwa ada indikator-indikator dan variabel tertentu yang memberikan secara spesifik tipologi apa TPS-TPS yang ada di Muratara. Sementara ini ada 194 TPS yang akan kita amankan. Dimana 101 TPS tipologi rawan, sementara 93 TPS masuk dalam tipologi sangat rawan.

Ditanya kalau ada kekacauan di TPS, apakah dilakukan tembak ditempat? Dia mengatakan kalau ada pengacau di TPS pasti akan dilakukan tindakan tegas. Dan kita sudah siapkan tim tersendiri untuk back up di Polsek-Polsek apabila ada pengerusakan dan penganiayaan. Rana pidana yang harus diingat akan tetapi ada hal – hal tertentu yang sifatnya sengketa dan perselisihan tim terpadu yang saat ini ada di Pemda sudah bekerja dan kita akan memberikan asistensi dan advice.
Kalau bicara tindakan tegas tembak ditempat, sudah jelas tidak. Kita sudah punya aturan dan SOPnya dan ada eskalasi.

Masih katanya secara umum penanggung jawab penuh pengamanan Pilkades ada di Kapolres, akan tetapi tindakan tehnis di lapangan batalyon brimob, pengendali di lapangan dan perwira-perwira yang ada dj lapangan yang mengendalikan secara tehnis. (Wan Asri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button