MOZAIK ISLAM

Ini 5 Fadilah Dzikir Asmaul Husna, Semua Tergantung Niat

MAKLUMATNEWS.com – Salah satu cara kita sebagai umat Islam dalam meningkatkan keimanan kita kepada Allah Swt adalah membaca Asmaul Husna (nama-nama yang baik bagi Allah) merupakan. Dengan berzikir sambil membaca Asmaul Husna berarti kita telah mengakui betapa besar kekuasaan Allah atas makhluknya.

Dalam Asmaul Husna tentu mempunyai fadilah yang tidak bisa dianggap remeh. Sudah banyak dijelaskan dalam Al-Qur’an bahwa membaca Asmaul Husna sangat dianjurkan seperti yang tercantum dalam surah Al-Isra ayat 110 dan Al-A’raf ayat 180.

Begitu pula sabda Nabi Muhammad saw dikatakan, “Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu; barang siapa memahaminya akan masuk surga.” (Sahih Bukhari dan Sahih Muslim).

Indahnya Asma-asma Allah itu jelas mempunyai fadilah yang dahsyat. Syekh Shalih Al-Ja’fari mengatakan: “Orang yang berdoa dengan Asmaul Husna maka telah meminta kebaikan seluruhnya, dan membuat pencegahan di antara dirinya dan keburukan seluruhnya. Jadi apabila engkau menyebut Ar-Rahman, Ar-Rahim, maka kamu telah meminta rahmat, dan jika kamu menyebut Al-Lathif maka kamu telah meminta kelembutan, dan seterusnya.” (Muhammad bin Alwi Al-Aidarus, Khawwaash Asmaul-Husna Littadaawi wa Qadhaa il-Hajat, Dar El-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, halaman 16)

Berikut ini beberapa fadilah ketika seseorang membaca Asmaul Husna secara rutin.

  1. Membuka pintu rezeki

Dalam Asmaul Husna terdapat nama Ar-Razzaaq yang berarti Maha Pemberi Rezeki. Seperti yang kita tahu, Allah Swt adalah zat yang maha kaya sehingga dengan berzikir menyebut namanya diharapkan akan memudahkan rezeki seseorang. Beberapa nama yang menunjukkan bahwa Allah maha kaya dan jika dibaca secara rutin dapat membuka pintu rezeki yaitu Al-Mughni (Maha Pemberi Kekayaan) dan Al-Ghaniyyu (Maha Kaya).

  1. Menyembuhkan penyakit
BACA JUGA  Kerinduan Siti Aisyah Setelah Rasulullah SAW Tiada ..

Segala anugerah dan cobaan seperti sakit datangnya dari Allah Swt. Oleh sebab itu, harus meyakini bahwa Allah pula yang dapat menyembuhkan penyakit itu. Adapun untuk memperoleh kesembuhan salah satunya dengan berzikir kepada Allah dengan Asmaul Husna.

Nama-nama Allah yang memiliki arti sang penyembuh adalah Ad-Dhaar (Maha Penimpa Kemudharatan) dan An-Nafii` (Maha Memberi Manfaat). Memperbanyak berzikir dengan menyebut kedua nama tersebut insyaAllah mudharat (penyakit) akan berubah menjadi hal-hal yang bermanfaat.

  1. Memperoleh kemudahan

Manfaat selanjutnya dari Asmaul Husna adalah memperoleh kemudahan. Zikir dengan membaca Asmaul Husna tentunya sangat bermanfaat bagi para pencari ilmu agar diberi kemudahan dalam memperoleh ilmu yang dicari. Adapun nama Allah yang bisa dibaca adalah Al-Qaadir (Maha Menentukan, Maha Menyeimbangkan) dan Al-Muqtadir (Maha Berkuasa).

  1. Mencerdaskan otak

Untuk memperoleh kecerdasan, kita bisa berdoa kepada Allah dengan membaca Asmaul Husna yaitu Al-Alliyu (Maha Tinggi) dan Al-`Aliim (Maha Mengetahui, Memiliki Ilmu).

  1. Dapat mengharmoniskan rumah tangga

Keharmonisan adalah kunci menggapai kebahagiaan rumah tangga. Untuk itu, agar rumah tangga kita selalu diberi kebahagiaan oleh Allah Swt, maka dianjurkan untuk membaca Asmaul Husna khususnya Al-Waduud (Maha Mengasihi).

Itulah beberapa fadilah yang bisa kita peroleh dari membaca Asmaul Husna. Tentu masih banyak lagi manfaat lainnya karena manfaat Asmaul Husna tergantung dari nama apa yang dibaca. Wallahu a’lam bissowab.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button