LIFESTYLE

Cara Membersihkan 6 Peralatan Pembersih Rumah Agar Rumah Tetap Kinclong

MAKLUMATNEWS.com – Dalam rumah kita, wajib sekali memiliki peralatan pembersih untuk menjaga rumah bebas dari kotoran, debu, dan kuman. Tetapi perhatikan juga bahwa peralatan pembersih juga harus dalam keadaan bersih juga. Mengutip dari Kompas.com, ada beberapa cara membersihkan peralatan pembersih rumah sebagai berikut :

Sapu

Kamu bisa menggantungkan sapu di dinding atau letakkan di lantai dengan bagian bulu menghadap ke atas agar kebersihannya tetap terjaga. Karena jika bulu-bulu pada sikat melebar, kamu bisa merendam dalam air hangat selama 30 detik. Lalu, pasang karet gelang pada bagian bawah bulu sapu dan gantung sapu selama satu atau dua hari. Saat melepas karet gelang, bentuk bulu akan kembali seperti semula. Terkait pembersihan sapu, kamu hanya perlu menjalankannya di tepian kaku seperti tangga rumah atau tangga menuju teras rumah.

Sikat gosok

Setiap kamu selesai menggunakan sikat gosok untuk menghilangkan residu makanan atau kotoran, pastikan untuk selalu membersihkannya dengan cara jangan merendamnya karena dapat melemahkan atau menghilangkan bulunya. Untuk mencegah sikat gosok berjamur atau berbau asam, keringkan sebelum disimpan kembali. Jemur dengan sisi bulunya menghadap ke atas, atau gantung pada pengait.

Kemoceng

Untuk membersihkan kemoceng, kamu hanya perlu menggoyangkannya di luar rumah untuk menghilangkan debunya. Bisa pula mengetuk-ngetuk kemoceng dengan lembut di kaki untuk melepaskan debu pada kemoceng ke lantai, lalu sedot debunya.

Kain lap berbahan katun

Beberapa orang mengalih fungsikan pakaian yang sudah tidak digunakan sebagai kain lap, entah untuk mengelap tumpahan makanan , debu, atau sebagai keset dapur. Jika menggunakan pakaian katun bekas sebagai kain lap, kamu bisa membersihkannya dengan mencucinya di mesin cuci.

BACA JUGA  Owner Cilor Jolly2 : Berawal dari Hobi Jajan dan Iseng Jualan, Bisa Hasilkan Cuan

Spons pencuci piring

Spons pencuci piring sebaiknya tidak dibersihkan di dalam microwave karena dapat menyebabkan kebakaran. Cara tepat membersihkan spons adalah mengeringkannya usai digunakan dan letakkan di area terbuka agar aliran udara dapat mengeringkannya secara alami. Ganti spons setiap dua minggu.

Kain pel

Menjaga kain pel tetap bersih sangatlah penting. Selain menjaga lantai tetap bersih, kain pel yang bersih dapat jmencegah kain mengeluarkan bau asam. Setelah mengepel lantai, keringkan kain pel di dalam seember air bersih yang panas. Setelah itu, jemur hingga benar-benar kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button