PALEMBANG

Pemasangan ETLE di Palembang Ubah Perilaku Tertib Berlalulintas

MAKLUMATNEWS.com,Palembang–Polisi sebut dengan adanya kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) yang baru bulan Maret 2022 beroperasi, terpasang 15 titik ruas jalan yang ada di palembang sedikit banyak telah mengubah budaya tertib berlalulintas di kota palembang.

Hal itu diungkapkan langsung kasubdit gakkum ditlantas polda sumsel, Kompol Irwan Andeta pelanggaran terbanyak yang tertangkap kamera adalah pengendara roda dua.

“Dari semua pelanggaran yang terekam kamera ETLE untuk pengemudi sepeda motor yang tak menggunakan helm menjadi pelanggaran terbanyak,” ungkap Irwan.

Menurut mantan Kasatlantas Polrestabes Palembang ini selain tidak menggunakan helm, yakni menerobos lampu merah, menggunakan ponsel hingga berboncengan tiga, atau untuk pengendara roda empat tidak menggunakan safety belt.

Bentuk penurunan pelanggaran tertib berlalulintas lintas salah satu, yang digambarkan adalah pelanggaran memainkan ponsel dari yang sebelumnya terdata sebanyak 45 ribu pelanggaran per-bulan turun drastis menjadi hanya 6 ribu pelanggar.

Untuk pelanggaran tidak memakai safety dari 150 ribu pelanggar per bulan turun menjadi 100 ribu pelanggar.

Sementara untuk titik kamera ETLE yang terbanyak menangkap pelanggaran tertib berlalulintas berada di dua titik kamera etle yang ada di kawasan Seberang Ulu yakni di Jl KH Wahid Hasyim dan Jl A Yani keduanya berada di wilayah Kecamatan Seberang Ulu (SU)-1 Kota Palembang.

Berbagai upaya juga telah dilakukan guna meminimalisir terjadinya pelanggaran. Diantaranya dengan menempatkan personel Satlantas Polrestabes Palembang khususnya pada titik-titik rawan yang terjadi pelanggaran.

Reporter : Yola Dwi R

BACA JUGA  Dua rumah di Balayudha Palembang Hangus Dilalap Si Jago Merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button