WANITA

Ini 3 Resiko Bahaya yang Mungkin Bisa Terjadi Saat Ekstension Bulu Mata

MAKLUMATNEWS.com – Bagi sebagian wanita, memiliki bulu mata yang panjang, tebal, dan lentik tentu menjadi impian. Biasanya untuk membantu agar memiliki bulu mata yang lentik, biasanya menggunakan maskara, tapi kamu tentu butuh menyediakan waktu dan kesabaran ekstra setiap hari dalam pemakaiannya. Wanita akan melakukan hampir apapun untuk membuat penampilannya tampak lebih menarik. Eyelash Extension atau ekstension bulu mata menjadi pilihan dalam membuat tampilan mata terlihat lebih menarik.

Namun setiap tindakan pasti ada resiko yang mungkin bisa kamu terima jika tidak berhati-hati. Mengutip dari Hellosehat.com, ada tiga resiko yang mungkin terjadi akibat pemasangan ekstension bulu mata :

1. Bulu mata jadi rontok

Penggunaan ekstension bulu mata yang terlalu lama dapat memberikan ketegangan kepada bulu mata alami kamu. Karena berat dari bulu mata palsu dapat memberikan tekanan pada bulu mata asli dan justru dapat menyebabkan bulu mata asli rontok.

Akar bulu mata wanita yang tak begitu kuat, bisa menyebabkan terjadinya kerontokan bulu mata permanen. Kondisi ini dalam dunia medis bisa juga dikenal dengan traction alopecia. Bulu mata kamu mungkin terlihat jadi lebih tebal, namun sebenarnya bulu mata asli Anda justru menipis.

2. Menyebabkan iritasi dan alergi

Bila kamu memiliki kulit yang sensitif, substansi yang menjadi bahan dasar dari ekstension bulu mata mungkin akan membuat mata kamu iritasi. Perekat yang menempelkan bulu mata dengan mata kamu mungkin bisa menimbulkan ruam pada mata, atau bahkan mampu menyebabkan mata kamu memerah dan timbul gelembung seperti terisi air pada kulit wajah.
Sejumlah penemuan bahkan menambahkan adanya kandungan senyawa kimia formaldehida pada beberapa perekat extension bulu mata yang beredar. Kombinasi kondisi ini tentu dapat meningkatkan potensi kamu untuk mengalami alergi terhadap perekat tersebut.

3. Timbul luka pada mata

Bahaya ekstension bulu mata lainnya yakni mata terluka atau iritasi. Iritasi dapat menyebabkan mata Anda mengalami infeksi. Dengan kata lain, penggunaan perekat langsung ke bulu mata alami kamu, berpotensi menimbulkan infeksi pada mata kamu. Selain itu, baik substansi dari bulu mata palsu maupun perekatnya, rentan untuk terpapar keberadaan bakteri dan virus.

Adanya bakteri dan virus pada bulu mata palsu yang direkatkan pada bulu mata alami kamu, berpotensi menyebabkan bagian depan mata kamu mengalami peradangan, atau yang dalam dunia medis dikenal dengan konjungtivitis. Dalam tingkat keparahan yang tinggi, konjungtivitis dapat mempengaruhi kualitas penglihatan kamu. Seperti dilansir dari Medical Daily, pada suatu kasus, bulu mata palsu bahkan dapat jatuh masuk ke dalam mata kamu dan justru sulit dikeluarkan, karena telah tertempel dengan mata kamu.

Itulah tadi beberapa resiko yang mungkin bisa terjadi pada bulu matamu jika sembarangan menggunakan ekstension bulu mata. Konsultasikan terlebih dahulu apakah matamu bisa menerapkan ekstension bulu mata atau tidak. Tetap berhati-hati ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button