PALEMBANG

Beli Beras Murah Pakai Qris di Pasar Digital, Warga Miskin Didampingi

MAKLUMATNEWS.com,Palembang,–Penggunaan Qris diharuskan dalam pembelian beras murah di Pasar Digital, yang diselenggarakan di Kantor Camat Kuto dan Seberang Ulu Satu, Senin (26/9/2022).

Pasar ini dikhususkan untuk pembelian non tunai menggunakan aplikasi Qris. Warga miskin atau kurang mampu akan didampingi petugas.

Di Pasar Digital ini, beras kemasan 5kg dijual cukup murah Rp40.000 yang biasanya bisa mencapai Rp50.000/5kg.

Selain itu ada bahan sembako lain seperti minyak goreng kemasan yang dijual Rp12.500/liter dan lainnya. Selain beras, pembelian bisa menggunakan tunai.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Raimon Lauri mengatakan, karena pembelian beras murah harus menggunakan Qris, yang tidak memiliki smartphone, didampingi langsung oleh petugas.

“Pendampingannya dari perbankan atau dari Bulog langsung,” katanya.

Selain itu, menurutnya, akibat kenaikan BBM ini lebih berpengaruh pada ongkos kirim barang.

Ongkos kirim barang sembako dan lainnya pasca kenaikan BBM mencapai Rp 5,5 juta untuk pengiriman dari luar kota.

“Kita contohkan seperti pengiriman bawang merah, dari brebes ke Palembang yang ongkosnya Rp4 juta jadi Rp5,5 juta, itu ditanggung distributor. Harga tetap dijual seperti yang sebelum kenaikan BBM,” jelasnya.

Raimon mengatakan, selain stabilkan harga sembako, tujuan diadakannya pasar murah digital ini juga sekaligus menyosialisasikan Elektronik Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD). (Pitria)

BACA JUGA  Viral, Polemik Perboden Jalan Simanjuntak di Palembang: Ngotot Mau Lewat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button