LIFESTYLE

Benarkah Pil KB Bikin Gemuk, Cek Faktanya

MAKLUMATNEWS.com — Beredarnya anggapan bahwa terdapat jenis KB yang bikin gemuk, membuat banyak wanita menjadi bingung atau ragu dalam memilih metode KB yang cocok. Namun, apakah anggapan tersebut benar atau hanya mitos belaka?

Jenis KB beragam serta dapat dipilih bagi pasangan usia subur. Kontrasepsi berdasarkan jangka waktu penggunaannya dibagi menjadi dua, yaitu Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan non-MKJP.

MKJB efektif digunakan dalam kurun waktu lama, contohnya intrauterine device (IUD atau spiral), implan atau susuk, kontrasepsi mantap dengan vasektomi (Metode Operasi Pria/MOP) dan tubektomi (Metode Operasi Wanita/MOW). Sementara itu, KB jenis non-MKJP seperti pil KB, suntik, dan kondom tentunya tak asing lagi.

Benar penggunaan pil KB bisa bikin gemuk? Yuk, memahaminya lebih lanjut supaya tak lagi salah kaprah

  1. Apa itu pil KB?

Salah satu kontrasepsi hormonal adalah pil KB atau pil oral. Di dalam pil KB mengandung gabungan hormon progesteron dan estrogen, atau bisa mengandung progesteron saja.

Pemakaian kontrasepsi oral sangat sederhana, tetapi cara minumnya perlu konsisten setiap harinya dan pada waktu yang sama. Merujuk laporan dalam Jurnal Farmasi Komunitas, akseptor (orang yang menerima serta mengikuti pelaksanaan program keluarga berencana) pil KB perlu mengetahui bahwa efektivitas kontrasepsi oral akan menurun jika digabungkan dengan beberapa jenis obat antibiotik, antikejang, analgesik, dan obat tertentu.

  1. Jenis pil KB

Pil KB dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pil KB kombinasi dan progestin.

Pil KB kombinasi terdiri dari hormon estrogen dan progesteron. Macam-macam pil kombinasi sesuai dosis hormon dibagi menjadi empat, antara lain pil KB monofasik, bifasik, trifasik, dan tetrafasik.

Pil KB mini atau progestin hanya berisi hormon progesteron sintesis. Biasanya, pil KB progestin diresepkan untuk ibu menyusui atau perempuan yang tidak boleh mengonsumsi estrogen.

  1. Efek samping pil KB
BACA JUGA  Beramal Ibadah Tanpa Ilmu, Ibarat Berjalan Dikegelapan Malam

Tidak ada metode KB yang benar-benar sempurna. Selain kelebihan, pasti ada efek samping penggunaannya. Beberapa kelebihan dari pil KB antara lain rasa nyeri haid yang berkurang, mudah digunakan, tidak mengganggu saat berhubungan intim, serta tidak ada tindakan medis dalam setiap pemakaian.

Setiap orang dapat mengalami efek samping obat yang berbeda-beda. Sebuah studi dalam Cendekia Journal of Pharmacy menyebutkan efek samping yang dialami akseptor pil KB antara lain meningkat nafsu makan, sakit kepala ringan, timbul jerawat, dan mual.

  1. Mengapa pil KB disebut-sebut bisa bikin gemuk?

Awalnya, pil KB memiliki kandungan estrogen yang tinggi. Hal ini menyebabkan penumpukan cairan dan berat badan bertambah. Seiring waktu, formula pil KB berupa gabungan hormon estrogen dan progesteron, sehingga tidak menimbulkan efek samping peningkatan berat badan.

Ada mitos yang menyebut bahwa pil KB bikin gemuk. Berat badan yang bertambah tidak dirasakan oleh semua pengguna pil KB.

Laporan dalam jurnal Hesti Wira Sakti menyebutkan bahwa faktor internal dan eksternal adalah yang memengaruhi penambahan berat badan. Faktor internal meliputi umur, gen, serta regulasi tubuh. Sementara itu, faktor eksternal berupa asupan makanan dan aktivitas fisik.

  1. Cara menjaga berat badan seimbang

Penggunaan kontrasepsi hormonal bisa merangsang pengendali lapar di hipotalamus, sehingga membuat nafsu makan meningkat. Cara menjaga berat badan tetap dalam rentang sehat adalah dengan mengatur asupan makanan serta mengimbanginya dengan rutin olahraga. Pastikan kalori yang masuk seimbang dengan kegiatan harian. Tak lupa, cukupi kebutuhan cairan tubuh.

Anggapan bahwa konsumsi pil KB bikin gemuk hanyalah mitos yang seharusnya tidak dipercaya. Apabila mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan setelah pemakaian pil KB, sebaiknya bicarakan ke bidan atau dokter supaya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

BACA JUGA  Kisah Anna Kumari, Terjun dan Jadi Maestro Tari Sumsel Karena Cinta Sang Suami

 

Sumber : idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button