LIFESTYLE

3 Rahasia Orang kaya Dalam Mengelola Keuangan

MAKLUMATNEWS.com—Menjadi kaya terkadang bukan hanya soal digaji tinggi atau mendapatkan banyak uang. Untuk bisa mencapai status miliuner, dibutuhkan cara mengelola finansial yang tepat, termasuk untuk melipatgandakan uang daripada membiarkannya di tabungan

Seperti diketahui, bijak dalam mengelola keuangan sejak dini bisa membawa berbagai manfaat. Salah satunya adalah membangun kekayaan di masa depan.

Pakar investasi Grant Cardone membagikan prinsip-prinsip keuangan yang diterapkan sejak muda hingga bisa sukses seperti sekarang.

Berikut adalah empat aturan keuangan orang kaya yang bisa Anda terapkan untuk menjadi kaya, sebagaimana dilansir dari cnbcindonesia.com:

  1. Jangan beli barang mewah kecuali Anda punya tabungan senilai 2x dari harga barang itu

Grant Cardone mengenali kebiasaan-kebiasaan buruk terkait finansial dan berusaha menghindarinya. Dia menyarankan untuk memiliki prinsip dalam membelanjakan uang. Misal, jika Anda membeli barang mahal, Anda harus bisa membeli atau membayar dua kali lipatnya. Kalau uang Anda tidak punya uang sebanyak itu, artinya Anda belum mampu membeli barang mahal tersebut.

“Saya menetapkan aturan untuk diri saya sendiri yakni untuk membeli jam tangan yang mahal atau bahkan rumah, saya harus menabung dua kali lipat harganya.”

Aturan belanja seperti bisa membantu Anda agar tidak membelanjakan sesuatu secara berlebihan, sekaligus memberi waktu untuk mempertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak.

  1. Jangan membeli barang yang bisa Anda sewa

Menurut Grant, tidak semua barang harus Anda beli sendiri. Ia sendiri berprinsip hanya akan membeli sesuatu jika akan menguntungkan di kemudian hari.

Terbukti, hingga kini ia lebih memilih untuk menyewa rumah dan mobil. Daripada dipakai untuk mencicil, ia menggunakan uangnya untuk diputar kembali atau dijadikan investasi.

BACA JUGA  Apakah Harga Hijab dan Baju Muslim Ikut Naik Setelah BBM Naik? Brand Lokal Menjawab

“Saya tidak pernah membeli apa pun yang dapat saya sewa seperti tempat tinggal atau mobil – sehingga saya dapat menghindari pembayaran bulanan yang lebih tinggi dan biaya pemeliharaan yang terkait dengan kepemilikan,” paparnya.

  1. Jangan menghabiskan uang karena gengsi

Tidak sedikit orang ingin menjadi kaya karena ingin terlihat mampu. Hal itu kadang bisa menjadi motivasi atau malah jadi menjatuhkan.

Bahkan ketika punya banyak uang, semua itu bisa habis jika Anda hanya menggunakannya untuk mentraktir orang lain. Untuk itu, sebaiknya, manfaatkanlah uang Anda dengan cara tepat agar tak terjerat masalah keuangan.

“Bahkan ketika saya mampu membeli sesuatu, saya tidak membelinya hanya untuk membuat orang lain terkesan. Sebaliknya, saya menambah investasi dan membangun kekayaan saya secara pribadi,” paparnya.

Menurut Cardone, punya pemasukan pasif sangatlah penting. Sebab, untuk bisa kaya lebih cepat Anda memang perlu memiliki beberapa sumber pendapatan.

Untuk kebutuhan sehari-hari, pria itu pun memilih untuk menggunakan pemasukan pasifnya yang lebih sedikit dari penghasilan utama sebagai pembatas untuk tidak berfoya-foya. Sedangkan gaji dari pekerjaan utama ditabung atau diinvestasikan.

“Semua aturan ini membutuhkan disiplin tinggi, dan mungkin tidak cocok untuk semua orang. Kadang-kadang, saya bertanya-tanya mengapa saya bekerja begitu keras tetapi tidak dapat menikmati hasil kerja saya. Tetapi karena saya mematuhi aturan ini selama dua puluh tahun, saya telah berhasil melewati sejumlah resesi besar dan pandemi global,” ungkapnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button