WANITA

Pengguna Rok Plisket Harus Tahu, Ini Trik Menyetrika Agar Lipatan Tidak Rusak

MAKLUMATNEWS.com – Saat ini rok plisket atau pleats menjadi salah satu produk fashion yang cocok digunakan oleh para perempuan untuk segala musim. Dibuat dengan bahan yang lembut, rok plisket seringkali membuat bentuk tubuh pemakainya menjadi terlihat lebih bagus.

Gaya dan bahan rok plisket ini terkesan elegan membuatnya cocok dikenakan untuk acara makan malam mewah atau sekedar berkumpul di akhir pekan bersama teman-teman. Namun, rok plisker bukan suatu pakaian yang mudah dalam hal perawatannya. Hal ini dikarenakan rok plisket yang memiliki banyak bentuk lipatan, ada yang lipatan kecil juga lipatan besar.

Mengutip dari Fimela.com, lipatan yang ada pada rok plisket dapat berubah setelah dipakai karena banyaknya kerutan akibat gerakan yang dilakukan selama mengenakan rok plisket tersebut. Selain itu, cara penyetrikaan yang tidak tepat juga dapat merusak lipatan yang ada pada rok plisket. Oleh karena itu, berikut trik menyetrika rok plisket agar lipatannya tidak rusak.

Trik Menyetrika Rok Plisket Lipatan Besar

Merangkum dari chums.co.uk dan faultless.com, berikut merupakan trik untuk menyetrika rok plisket yang memiliki lipatan besar:
1. Siapkan papan setrika dan gelar rok plisket dengan posisi bagian pinggang menghadap ke arah bagian mengerucut pada papan setrika. Setrika bagian pinggang rok plisket terlebih dahulu.
2. Setelah menyetrika bagian pinggang, langkah selanjutnya adalah mencubit bagian atas lipatan yang ada pada rok plisket dan tarik dengan lembut ke arah bawah. Jika perlu, gunakan jarum pentul untuk menjepit lipatan rok agar tidak berantakan saat proses menyetrika berlangsung.
3. Langkah ketiga adalah menyetrika lipatan rok satu-persatu, mulai dari bagian bawah hingga ke arah bagian pinggang rok plisket.
4. Untuk memastikan lipatannya tidak kusut setelah disetrika, angkat setrika beberapa inci di atas setiap lipatan dan tekan tombol uap pada setrika. Biarkan setiap lipatan menjadi dingin dahulu sebelum melanjutkan untuk menyetrika lipatan berikutnya.

BACA JUGA  Khusus Wanita, Ini Manfaat dan Pentingnya Eksfoliasi Kulit Biar Makin Terawat

Tips Menytrika Rok Plisket Lipatan Kecil

1. Pisahkan lipatan menjadi beberapa bagian. Gunakan jarum pentul untuk menjepit bagian yang belum ingin disetrika.
2. Mulai setrika dengan menggeser setrikaan ke arah atas bagian yang tertutupi oleh lipatan. Bagian ini memiliki jahitan berbentuk V diatasnya yang dihasilkan dari jahitan setiap lipatan rok.
3. Seteleh selesai menyetrika bagian yang tertutupi oleh lipatan, posisikan rok plisket sedemikan rupa sehingga terlihat siap untuk disetrika.
4. Mulai menyetrika dari bagian atas lipatan sampai ke bagian bawah.
5. Setelah selesai menyetrika semua bagian bahan rok plisket, gantung rok plisket lewat bagian atasnya untuk menghindari kerutan yang tidak diinginkan pada lipatan rok plisket.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button