FLASH NEWS

BACA EDISI TERBARU OKTOBER 22/RABIUL AWAL 1444 H

Ribuan Warga Palembang Bersholawat

MAKLUMATNEWS.com — Pelataran Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang kembali menjadi saksi betapa besarnya cinta warga ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini kepada junjungan Nabi Muhammad Saw dengan melantunkan dan menggemakan sholawat “Allahumma Sholli ala Muhammad waala ali Muhammad” dalam gelaran tabligh akbar yang menghadirkan ulama kondang Prof. K.H. Ustadz Abdul Shomad yang dikenal dengan sebutan UAS.

Gema Sholawat yang menggetarkan langit tepian Sungai Musi Palembang ini, diucapkan oleh ribuan umat islam yang hadir pada hajatan maulid nabi yang berlangsung, Sabtu, 24 September 2022. Tak kepalang turut bersholawat Gubernur Sumsel H.Herman Deru, Walikota Palembang H.Harnojoyo, Tokoh Masyarakat H. Halim, para ulama dan para remaja islam. Palembang Bersholawat ini digelar oleh Maspuroh yang merupakan kepanjangan dari Majelis Aasatiz Peduli Umat Rosululloh SAW Palembang serta dimeriahkan oleh penampilan Hadrah Asyiqul Musthofa.

Melihat betapa ramai dan antusiasnya warga kota Palembang yang tumpek plek di BKB tersebut, UAS menyatakan dirinya salut dan kagum. Bahkan ulama alumni Al Azhar Kairo Mesir ini, memuji sekaligus mengungkapkan bahwa jumlah massa yang demikian ramai ini, merupakan yang terbesar di Pulau Sumatera sepanjang dirinya melakukan ceramah di berbagai daerah, mulai dari Aceh hingga Lampung di ujung Sumatera, “ baru kali ini di kota Palembang yang jumlah massanya begitu membludak. Ini semua berkat peran ulama di kota ini yang memang dekat dengan umat, coba tanya kepada Ustadz Mahdi, Ustadz Ali, Ustadz Solihin dan lainnya, mereka inilah yang mampu mendatangkan umat sebanyak ini”.

UAS mengajak umat muslim untuk selalu menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW, seperti bersyair yang membangkitkan dan mengagungkan Nabi Muhammad SAW, lewat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

” Acara ini merupakan bagian dari mengenang Nabi Muhammad SAW dengan menggelar peringatan Maulid Nabi, semoga kita semua mendapat syafaat Rosulullah SAW,” jelas UAS.

Abdul Somad juga mengatakan, bahwa kaum milenial merupakan tameng dari kekuatan agama Islam. Generasi muda diharapkan dapat memperjuangkan dan meneruskan cita-cita Rasullullah yakni menyebarkan kedamaian yang rahmatallillalamin.

“Anak muda sangat diharapkan karena merekalah yang kelak menjadi tameng untuk membela agama,” tukasnya.

UAS di akhir ceramah ini mendoakan Palembang, Sumsel menjadi kota dan provinsi yang berkah. Dan dirohoi Allah SWT. Untuk warga dan para pemimpinnya.

Sementara itu, Gubernur H. Herman Deru mengatakan, acara tabligh akbar ini sangat bermanfaat bagi umat muslim di Sumsel khususnya Palembang. Semoga menjadi berkah untuk Sumatera Selatan.

Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi trigger untuk lebih memasyaratkan lagi ibadah sholawat nabi. Sebab sholawat merupakan salah satu amalan ringan berpahala besar. Sebagai bentuk ibadah kepada Allah sekaligus sebagai bukti kecintaan kita kepada Rasulullah Muhammad SAW.

Keutamaan sholawat Nabi sungguh luar biasa. secara bahasa, sholawat merupakan bentuk jamak dari sholla yang artinya doa. Secara istilah, sholawat merupakan doa dan pujian untuk Nabi.

Sholawat ada tiga macam. Pertama, sholawat dari Allah. Kedua, sholawat dari malaikat. Ketiga, sholawat dari manusia atau umatnya.

Menurut Ibnu Katsir, sholawat dari Allah artinya adalah pemberian rahmat dan kemuliaan. Jika dari malaikat, artinya adalah memohonkan ampunan. Dan jika dari umatnya artinya adalah doa agar beliau mendapat limpahan rahmat dan kemuliaan.

BACA JUGA  Berita Foto : Ibu Iriana Usap Wajah Anak yang Kehujanan 

Imam Nawawi menjelaskan bahwa sholawat dari Allah berarti menambah kemuliaan. Ada pula ulama yang menjelaskan bahwa Allah bersholawat kepada Nabi Muhammad artinya Allah memujinya di hadapan malaikat-malaikat-Nya.

Keutamaan Sholawat Nabi

Membaca sholawat Nabi memiliki banyak keutamaan. Di antaranya:

1. Perintah Allah

Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan hambaNya untuk bersholawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Dia berfirman:
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab: 56)

2. Allah bersholawat untuk Nabi Muhammad

Berbeda dengan perintah lainnya yang Allah memerintahkan saja, sholawat ini luar biasa. Dia memerintahkan sekaligus melakukannya juga. Sebagaimana surat Al Ahzab ayat 56 di atas.
Dan seperti penjelasan sebelumnya, Allah bersholawat untuk Nabi Muhammad maknanya Dia memuliakannya di depan para malaikat dan memberinya rahmat.

3. Malaikat bersholawat untuk Nabi Muhammad

Sebagaimana ayat 56 dari Surat Al Ahzab di atas, para malaikat juga bersholawat untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Yang artinya, malaikat memohonkan ampunan untuk beliau.

4. Siapa bersholawat satu kali, Allah membalasnya 10 kali

Di antara keutamaan sholawat, siapa yang bersholawat kepada Nabi Muhammad sekali, Allah bersholawat kepadanya 10 kali.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali” (HR. Muslim)

Sholawat dari Allah ini artinya adalah pemberian kebaikan. Sebagaimana hadits lain:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ مَرَّةً وَاحِدَةً كَتَبَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَهُ بِهَا عَشْرَ حَسَنَاتٍ

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah Azza wa Jalla mencatat untuknya sepuluh kebaikan” (HR. Ahmad)

5. Bersholawat satu kali, dihapus 10 dosa

Keutamaan lainnya yang sangat luar biasa, siapa yang bersholawat satu kali, Allah akan menghapus sepuluh dosanya.

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحَطَّ عَنْهُ عَشْرَ خَطِيئَاتٍ

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat dan menghapus darinya sepuluh dosa” (HR. Ahmad)

6. Bersholawat satu kali, diangkat 10 derajat

Membaca sholawat juga meningkatkan derajat dalam pandangan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sekali bersholawat, derajat seorang muslim meningkat 10 derajat.

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.” (HR. An Nasa’i)

7. Mendapat syafaat Rasulullah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam akan memberikan syafa’at kepada umatnya di akhirat nanti. Siapakah yang paling berhak dengan syafaa itu? Yang paling berhak adalah yang paling banyak bersholawat kepada beliau.

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

“Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku” (HR. Tirmidzi)

BACA JUGA  Berita Foto : Umrah Mega Wisata Bersama Guru Al Furqon

8. Menjadi orang paling dekat dengan Nabi

Orang yang memperbanyak sholawat juga akan semakin dekat kedudukannya dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah bersholawat kepadaku pada hari Jumat, karena sesungguhnya sholawat umatku diperlihatkan kepadaku pada setiap hari Jumat. Siapa saja yang paling banyak sholawatnya, maka ia menjadi orang yang paling dekat kedudukanya dariku.” (HR. Baihaqi)

9. Memudahkan terkabulnya doa

Doa memiliki syarat dan adab agar Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabulkannya. Di antara adab berdoa adalah bersholawat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi waallam.

كل دعاء محجوب حتى يصلي على محمد

“Setiap doa akan terhalang hingga diucapkan sholawat kepada Muhammad” (HR. Thabrani)

10. Dimasukkan ke dalam surga

Orang yang banyak membaca sholawat, Allah akan memasukkannya ke surga. Sebaliknya, orang yang ketika mendengar nama Nabi Muhammad namun tidak bersholawat kepada beliau, orang itu akan terjauhkan dari jalan ke surga.

مَنْ ذُكِرْتُ عِنْدَهُ فَخَطِئَ الصَّلاةَ عَلَيَّ ، خَطِئَ طَرِيقَ الْجَنَّةِ

Barangsiapa yang aku disebutkan di sisinya lalu ia tidak mengucapkan sholawat kepadaku, maka ia akan disimpangkan dari jalan surga.” (HR. Thabrani)

Bacaan Sholawat Nabi

Bacaan sholawat Nabi banyak macamnya. Ada yang pendek, ada yang panjang. Jadi tidak harus kita membaca sholawat yang panjang-panjang, khususnya jika kita orang awam yang memiliki banyak kesibukan. Bacaan sholawat yang pendek pun bisa kita amalkan.

Berikut ini adalah contoh-contoh bacaan sholawat:

1. Sholawat ketika mendengar nama Nabi Muhammad disebut
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
“Semoga shalawat dan salam dari Allah atasnya (Rasulullah)”
atau
اَللَْهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ
“Ya Allah limpahkanlah sholawat kepadanya”

2. Sholawat paling ringkas
صَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ
“Semoga shalawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad”

3. Sholawat ringkas untuk beliau dan keluarganya
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ
“Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad”

4. Sholawat Ibrahimiyah
Rasulullah sendiri yang mengajarkan sholawat ibrahimiyah ini. Hadits shahih riwayat Imam Bukhari. Sholawat ini juga menjadi bagian dari bacaan sholat, yakni sholawat saat tasyahud. Disebut sholawat ibrahimiyah karena dalam sholawat ini tidak hanya bersholawat kepada Rasulullah Muhammad dan keluarganya tetapi juga untuk Nabi Ibrahim dan keluarganya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.[Berbagai sumber][]Aspani Yasland

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button