NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al Maidah Ayat 100 Baik dan Buruk itu Jelas Beda

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-Ma’idah Ayat 100 berbunyi :

{ قُل لَّا یَسۡتَوِی ٱلۡخَبِیثُ وَٱلطَّیِّبُ وَلَوۡ أَعۡجَبَكَ كَثۡرَةُ ٱلۡخَبِیثِۚ فَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ یَـٰۤأُو۟لِی ٱلۡأَلۡبَـٰبِ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ }

Artinya :

Katakanlah (Muhammad), “Tidaklah sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya keburukan itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat, agar kamu beruntung.”

Pada ayat ini Allah Swt memerintahkan Nabi Muhammad Saw, untuk menyampaikan kepada umatnya bahwa hal-hal baik itu jelas, dan hal-hal buruk juga itu.

Dan sangatlah jelas perbedaan antara hal-hal baik dengan hal-hal buruk, jangan sampai kalian terpedaya oleh hal-hal buruk hanya karena kuantitasnya yang banyak, karena kuantitas yang banyak tidaklah pasti menunjukkan kualitasnya yang baik.

Terlalu banyak jumlah yang sedikit namun kualitasnya jauh lebih baik daripada jumlah yang banyak, karenanya kuantitas bukanlah patokan untuk menunjukkan kualitas.

Dan bertakwalah kepada Allah dengan cara menghindari hal-hal khabaits: buruk, agar kalian memperoleh keberuntungan dengan masuk surga Allah swt.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir Juz 5, Surat An Nisa' Ayat 81 Jangan Terkecoh dengan Orang-Orang Munafik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button