SEHAT

Jangan Panik, Ini Tips Mengatasi Anak Demam Usai Imunisasi

MAKLUMATNEWS.com – Setiap bayi yang lahir pastinya akan mendapatkan imuniasi untuk memperkuat daya tahan tubuh agar penyakit yang berbahaya dan mematikan dapat dicegah sebelum menyerang.

salah satu vaksin yang harus diterima oleh setiap bayi adalah imunisasi DPT. Vaksin ini dapat mencegah tiga penyakit sekaligus, seperti difteri, pertusis, dan tetanus. Setelah menerima imunisasi tersebut orang tua sering dihantui dengan  kondisi umumnya anak akan mengalami demam.

Efek samping pasca imunisasi merupakan hal yang normal karena akan hilang dalam waktu 1-2 hari, walaupun dalam beberapa kasus bisa berlangsung lebih lama, tetapi kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan.

Imunisasi dasar ada 5 jenis yaitu

-imunisasi hepatitis B

-imunisasi polio

-imunisasi BCG

-imunisasi DPT

-imunisasi campak.

Dari kelima jenis imunisasi tersebut, hanya imunisasi DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus) dan mungkin campak yang dapat memberikan respons demam setelahnya, meski tidak semua anak akan mengalami demam juga.

Demam pasca imunisasi bukan kondisi yang berbahaya, melainkan suatu bentuk respons tubuh anak dalam membentuk sistem kekebalan baru gabungan dari vaksin yang disuntikkan, sehingga terjadi peningkatkan suhu tubuh. Oleh karena itu, tak perlu panik.

Sebagaiman dilansir dari halodoc.com, Berikut tips yang bisa ibu coba untuk Mengatasi Demam setelah Imunisasi  :

  1. Temani Si Kecil

Temani Si Kecil dan berikan perhatian penuh saat ia terserang demam. Pastikan ibu bersamanya selama 3-4 jam setelah imunisasi. Kehadiran ibu di sisinya akan membuat Si Kecil merasa tenang dan nyaman.

  1. Kenakan Pakaian yang Longgar

Kenakan Si Kecil dengan pakaian yang ringan dan nyaman atau tutupi tubuhnya dengan selimut yang lembut. Hindari mengenakannya pakaian berlapis-lapis atau selimut yang terlalu tebal. Hal ini justru bisa menghambat suhu panas keluar dari tubuh Si Kecil.

  1. Pastikan Tetap Terhidrasi
BACA JUGA  Khasiat Jahe Bikin Kadar Gula Darah Terkendali

Demam membuat tubuh Si Kecil rentan mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, pastikan ibu memberinya banyak cairan untuk diminum, seperti ASI, susu formula atau air putih.

  1. Jaga Ruangan Tetap Sejuk

Biarkan jendela kamar Si Kecil tetap terbuka dan biarkan udara segar masuk. Suhu ideal ruangan adalah 18 derajat Celsius. Ibu juga bisa menggunakan humidifier untuk menambah kelembapan ruangan.

  1. Berikan Obat Penurun Demam

Ibu juga bisa memberikan Si Kecil obat penurun demam yang banyak dijual bebas seperti parasetamol atau ibuprofen namun akan lebih baik jika ibu konsultasi kepada dokter pada saat melakukan imunisasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button