NASIONAL

Presisen Jokowi Luncurkan IndoVac, Vaksin COVID-19 Buatan Indonesia

MAKLUMATNEWS.com, Jakarta — Presiden Joko Widodo meluncurkan vaksin COVID-19 buatan dalam negeri bernama IndoVac yang diproduksi oleh PT Bio Farma.

Presiden Jokowi memastikan produksi vaksin itu diproduksi dari hulu ke hilir di Indonesia. Menurutnya, vaksin itu merupakan kerja keras dari sumber daya manusia  muda di Indonesia.

“Ini memakan waktu, IndoVac dari awal sampai sekarang 1,5 tahun, sudah diam nggak pernah bersuara, tahu-tahu jadi IndoVac,” ujar Presiden Jokowi.

Vaksin COVID-19 produksi dalam negeri ini sebelumnya sudah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk penggunaan vaksinasi primer dosis satu dan dua. Sementara izin untuk vaksinasi COVID-19 booster masih berproses. Vaksin IndoVac teknologi rekombinan rencananya akan diproduksi sebanyak 20 juta dosis di tahun 2022.

Jumlah produksi diperkirakan lebih banyak tahun depan, bahkan hingga di atas 100 juta dosis.

“Dan mulai hari ini kita bisa memproduksi vaksin COVID-19 sendiri dengan kapasitas di tahun ini nanti kurang lebih 20 juta,” terang Jokowi seperti yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (13/10/2022).

“Tahun depan bisa 40 juta, dan kalau memang pasar masih memerlukan bisa sampai 120 juta dosis vaksin,” sambungnya, sebagaimana dilansir dari detik.com

Dalam kesempatan serupa, Jokowi menyoroti kemampuan Bio Farma yang bisa memproduksi 3 miliar dosis vaksin dalam setahun hingga diekspor ke 153 negara. Termasuk vaksin polio hingga campak.

“Untuk vaksin polio saja bio farma ini menguasai 70 persen dari bangsa pasar dunia, mensupply vaksin polio ke seluruh negara, ini kan luar biasa,” katanya.

BACA JUGA  Tragedi Kanjuruhan, TGIPF : Seluruh Liga PSSI Dihentikan Sementara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button