KULINER

Palembang Surganya Wisata Kuliner Dari Olahan Ikan

Terdapat 88 Lebih Jenis Kuliner 

MAKLUMATNEWS.com, Palembang —
Kota Palembang yang menjadi julukan Kota Pempek menandakan kota wisata kuliner di Indonesia.Kota yang dikelilingi Sungai Musi ini memiliki banyak sekali makanan khas yang menggugah selera, terutama makanan olahan dari ikan.

Menurut Dosen Ilmu Komunikasi  Stisiool Candradimuka, Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A mengatakan Kuliner itu mempunyai empat kategori, yaitu Kudapan ringan, Kudapan berat, Lauk Pauk & dan Sayuran, dan Minuman.

Menurutnya, di Palembang sendiri Pempek menjadi kategori kuliner tersendiri karena punya 29 jenis. Kuliner Palembang sangat banyak, dan memiliki seluruh kategori kuliner tadi.

“Kota Palembang kaya akan kuliner. Di buku Pempek Palembang saya sendiri mencatat ada 88 jenis kuliner Palembang (Anita, 2014:82-83). Di luar catatan saya pasti masih banyak lagi. Kuliner Palembang memiliki ciri khas yang istimewa dan berbeda dengan daerah lain, sehingga layak untuk dicoba,”katanya.

Pempek sendiri merupakan kuliner asli Kota Palembang yang sejarahnya sudah ada sejak lama, dan terus mengalami perkembangan saat ini. Wajar, jika Kota Palembang terkenal dengan Kota Pempek karena selain kuliner asli daerah juga karena penjual pempek dapat ditemui di seluruh wilayah Palembang.

“Yang paling terkenal adalah pempek. Lainnya ada model, tekwan, mie celor, pindang palembang, martabak telur, nasi kebuli/samin, dan lain-lain,”katanya.

Namun, Beraneka ragam jenis pempek juga mempengaruhi harga jual pempek tersebut. Mulai dari harga Seribu hingga Puluhan Ribu Rupiah.
(Trijumartini)

BACA JUGA  Resep Putri Salju, Cucur Cocopandan, Dadar Gulung Ubi Ungu dan Opor Ayam Pindang Telor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button