WANITA

6 Rekomendasi Jamu yang Dianjurkan untuk Wanita

MAKLUMATNEWS.com – Siapa yang suka minum jamu? Jamu merupakan salah satu minuman herbal tradisiona lokal asli Indonesia. Meski secara umum rasanya sedikit pahit, tapi jamu termasuk sebagai minuman sehat alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Lantaran jamu terbuat dari bahan-bahan alami, khususnya rempah-rempah.

Khususnya wanita, selain untuk kesehatan, jamu juga dipercaya menambah kecantikan dari dalam. Melansir dari halodoc.com, ada enam jamu yang mungkin bisa menjadi rekomendasi minuman harianmu untuk merawat kecantikanmu :

  1. Jamu Beras Kencur

Jika kamu sering merasa pegal-pegal, kamu bisa mencoba minum jamu beras kencur secara rutin. Karena dapat membuat tubuh jadi terasa lebih bugar dan tidak gampang lelah. Kencur yang terdapat dalam jamu dapat memberikan rasa hangat dalam tubuh ketika diminum, sehingga kamu akan merasa sehat dan segar.

Selain itu, jamu beras kencur juga memiliki beberapa manfaat kecantikan. Seperti mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit, serta membantu melangsingkan tubuh. Jamu ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti beras tumbuk, jahe, kedawung, kapulaga, asam, kunci, kayu keningar, kunyit, jeruk nipis dan buah pala.            Kamu bisa meminumnya saat dingin ataupun hangat.

  1. Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam menjadi salah satu minuman favorit bagi wanita yang sedang haid, karena dapat mengurangi rasa sakit yang muncul ketika haid. Jamu kunyit asam juga dapat melancarkan siklus haid dan menyuburkan kandungan. Menariknya lagi, kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam kunyit asam dapat membuat kulit kamu menjadi bersih, bercahaya dan bebas dari jerawat.

Minum jamu ini secara rutin juga dapat menghilangkan bau badan. Sebab,  kandungan minyak atsiri di dalamnya dapat mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri penyebab bau badan. Bahan-bahan alami yang terdapat dalam minuman tradisional ini adalah kunyit dan buah asam. Bisa juga dapat ditambahkan daun asam muda, temulawak, biji kedawung, perasan jeruk nipis, dan gula putih sebagai pemanis.

  1. Jamu Sinom
BACA JUGA  Yuk Merapat yang Bosen Punya Pipi Tembem! Ini 6 Cara Meniruskannya

Setelah meminum jamu yang pahit, biasanya kamu akan diberi sinom oleh pedagang jamu keliling. Sinom merupakan daun asam jawa yang masih muda dan biasanya diracik dengan berbagai bahan lainnya. Seperti temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, dan gula putih atau gula merah sebagai pemanis. Tidak hanya rasanya yang enak, tapi jamu sinom juga dapat membuat menyegarkan tubuh dan membantu proses detoksifikasi.

Jika racun-racun dalam tubuh dapat dikeluarkan, maka kulit wajahmu akan lebih bersih dan bebas dari jerawat. Kini, kamu bisa mendapatkan jamu sinom yang sudah banyak dijual di toko-toko dalam kemasan berbentuk botol dan disajikan dingin.

  1. Jamu Pahitan

. Jamu pahitan ini terbuat dari bahan- bahan seperti sambiloto, brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih, dan adas. Meskipun pahit, jamu ini punya banyak manfaat kecantikan. Contohnya  mencegah bau badan, mencegah timbulnya jerawat, melancarkan peredaran darah, dan menghilangkan gatal-gatal pada kulit.

  1. Jamu Kunci Sirih

Jamu kunci sirih merupakan perpaduan dari daun sirih dan temu kunci. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, daun sirih memiliki manfaat yang baik untuk wanita, yaitu mengatasi masalah keputihan, menghilangkan bau badan tidak sedap, dan mengatasi jerawat. Jamu kunci sirih juga dapat merapatkan organ kewanitaan, memperkuat email gigi dan mencegah peradangan.

Selain terdiri dari daun sirih dan kunci temu, minuman ini juga dicampur dengan bahan-bahan seperti kunyit, kencur, jahe, kayu manis, kapulaga, asam jawa, serai, perasan jeruk nipis, garam, dan gula merah.

  1. Jamu Temulawak

Jamu ini dibuat dari temulawak yang dihaluskan dan ditambahkan dengan asam jawa, gula aren, daun pandan, dan jinten. Khasiat jamu temulawak adalah untuk menyembuhkan keluhan pusing, mual, sakit perut, dan menghilangkan gejala masuk angin. Jamu ini juga cocok diminum ketika seorang wanita sedang haid untuk meredakan rasa nyeri yang muncul.

BACA JUGA  Ini 5 Risiko Bersihkan Wajah Pakai Tisu Basah

Tidak ada salahnya jika kamu menjadikan jamu sebagai minuman wajib secara rutin apalagi khasiat yang alami dan kaya nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button