NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al Maidah Ayat 110 Nikmat Allah Terhadap Nabi Isa as

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-Ma’idah Ayat 110 berbunyi :

{ إِذۡ قَالَ ٱللَّهُ یَـٰعِیسَى ٱبۡنَ مَرۡیَمَ ٱذۡكُرۡ نِعۡمَتِی عَلَیۡكَ وَعَلَىٰ وَ ٰ⁠لِدَتِكَ إِذۡ أَیَّدتُّكَ بِرُوحِ ٱلۡقُدُسِ تُكَلِّمُ ٱلنَّاسَ فِی ٱلۡمَهۡدِ وَكَهۡلࣰاۖ وَإِذۡ عَلَّمۡتُكَ ٱلۡكِتَـٰبَ وَٱلۡحِكۡمَةَ وَٱلتَّوۡرَىٰةَ وَٱلۡإِنجِیلَۖ وَإِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ ٱلطِّینِ كَهَیۡـَٔةِ ٱلطَّیۡرِ بِإِذۡنِی فَتَنفُخُ فِیهَا فَتَكُونُ طَیۡرَۢا بِإِذۡنِیۖ وَتُبۡرِئُ ٱلۡأَكۡمَهَ وَٱلۡأَبۡرَصَ بِإِذۡنِیۖ وَإِذۡ تُخۡرِجُ ٱلۡمَوۡتَىٰ بِإِذۡنِیۖ وَإِذۡ كَفَفۡتُ بَنِیۤ إِسۡرَ ٰ⁠ۤءِیلَ عَنكَ إِذۡ جِئۡتَهُم بِٱلۡبَیِّنَـٰتِ فَقَالَ ٱلَّذِینَ كَفَرُوا۟ مِنۡهُمۡ إِنۡ هَـٰذَاۤ إِلَّا سِحۡرࣱ مُّبِینࣱ }

Artinya :

Dan ingatlah, ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rūḥulqudus (ruhul kudus). Engkau dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah, ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah, ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”

Pada ayat ini, Allah memerintahkan untuk mengingat kejadian pada hari kiamat ketika Allah Swt berfirman kepada Nabi Isa as, wahai Isa bin Maryam. Ingatlah nikmatKu kepadamu, ketika aku ciptakan engkau tanpa ayah, ingatlah juga nikmatku kepada ibumu di saat aku pilih dia di antara wanita-wanita dunia, ketika aku sucikan dia dari tuduhan-tuduhan yang mengarah kepadanya. Dan diantara nikmat-niknat kepada Nabi Isa bahwa Nabi Isa ditolong dan diperkuat oleh Jibril as.

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al An'am Ayat 161 Inilah Agama yang Lurus

Diantara nikmat lainnya yang Allah berikan kepada Isa as adalah kemampuan berbicara di saat bayi di mana belum saatnya untuk berbicara bagi mayoritas bayi dan menyeru orang-orang dewasa untuk menyembah Allah Swt.

Sungguh telah berkumpul padanya kekuatan dan kesempurnaan pemuda dengan wahyu yang Allah berikan kepadanya untuk menyeru kepada tauhid.

Lalu di antara nikmat yang Allah berikan kepadanya Isa As adalah Allah mengajarkannya kitab dan cara menulis tanpa ada guru, serta Allah menganugerahkan kepadanya pemahaman dan taurat yang Allah turunkan kepada Nabi Musa as, dan kitab Injil yang Allah turunkan untuknya sebagai hidayah bagi manusia.
Lalu diantara nikmat yang Allah berikan kepada Isa adalah kemampuannya membentuk tanah seperti burung dan meniupkan kepada bentuk tersebut hingga menjadi burung yang hidup dengan izin Allah, juga kemampuan yang untuk menyembuhkan orang-orang buta sehingga sempurna seperti sediakala, juga diijabahnya doanya ketika berdoa agar orang-orang mati hidup kembali sehingga mereka bangkit dari kuburnya dalam kondisi hidup.

Nikmat-nikmat itu adalah kehendak Allah dan atas izin Allah, yang menjadi mukjizat yang nyata mendukung kenabian Isa as.

Lalu Allah mengingatkan tentang nikmat-nikmatnya ketika Bani Israil bermaksud untuk membunuh Isa, namun justru diantara orang-orang kafir itu berkata sesungguhnya yang ditampakkan Isa as hanyalah sihir yang nyata.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button