SUMSEL

8 Rekomendasi Sabun Pencuci Botol Susu Aman Untuk Bayi

MAKLUMATNEWS.com — Hal yang harus menjadi perhatian penting dalam perlengkapan bayi salah satunya adalah kebersihan botol susu bayi, karena botol susu yang sudah bersih dan steril akan meminimalkan risiko penyakit akibat ASI perah atau susu formula yang basi. Karena sisa-sisa susu pada botol bayi mudah memicu berkembangnya bakteri.

Mencuci botol susu bayi mengunakan sabun pencuci biasa mengandung bahan kimia yang bisa jadi cukup berbahaya bagi bayi lho untuk  itu orang tua benar-benar yakin bisa membersihkan sisa sabun yang ada di dalam botol saat mencucinya,

Untuk itu orang tua tidak ada salahnya memilih produk pembersih yang memang khusus ditujukan untuk membersihkan perlengkapan bayi. Apalagi, banyak dari pembersih ini yang bahannya alami serta memiliki sertifikat food grade.

Berikut 11 rekomendasi sabun pencuci botol susu bayi rangkuman Popmama.com, yang bisa jadi pilihan Mama.

  1. Probaby Liquid Cleanser

Probaby Liquid Cleanser ini merupakan sabun pencuci botol bayi yang aman, praktis, dan ekonomis. Pastinya memiliki formula food grade sehingga aman untuk mencuci botol, perlengkapan bayi, serta untuk mencuci buah dan sayuran Selain itu juga efektif untuk membunuh kuman dan bakteri dari sisa susu yang menempel pada botol karena mengandung anti bacterial formula.

Meski memiliki banyak busa, tapi nggak meninggalkan bau sabun serta dapat menghilangkan bau amis. Tekturnya yang kental membuat Mama hanya perlu menuangkan sedikit cairan untuk hasil yang bersih dan kesat. Jadi tidak boros dan lebih hemat ‘kan?

Probaby Liquid Cleanser ini dikemas dalam bentuk pouch ulir sehingga praktis dan tidak mudah tumpah. Tersedia dalam kemasan 150 ml, 450 ml, dan 700 ml dengan harga paling ekonomis.

  1. Baby Huki Liquid Cleanser

Larutan pembersih ini diciptakan untuk membersihkan perlengkapan bayi seperti botol, dot, empeng, dan lainnya. Bukan hanya membersihkan perlengkapan bayi, Baby Huki Liquid Cleanser juga aman untuk mencuci buah dan sayur. Pembersih ini diklaim terbuat dari bahan alami yang diformulasi dengan ringan dan lembut di kulit, sehingga selain aman bagi bayi, pembersih ini juga tidak membuat kulit tangan Mama menjadi kering atau teriritasi.

Produk ini dikemas dengan wadah tipe pompa yang tentunya mudah digunakan tanpa harus mengangkat dan menuang botolnya, Baby Huki menyediakan kemasan refill 200 ml dan 450 ml dengan harga yang ekonomis.

BACA JUGA  Bersama Ribuan Warga Desa Bumi Kencana, Gubernur Sumsel Herman Deru Kumandangkan Shalawat Nabi 

3. Cussons Baby Liquid Cleanser

Walaupun kini memiliki headquarter di Inggris, Cussons sendiri memulai perjalanannya di Sierra Leone, Afrika, 135 tahun yang lalu. Laman Cussons Baby menyatakan bahwa cairan pencuci botol susu ini diformulasikan khusus untuk menghilangkan bau sisa susu ataupun jus, yang tertinggal di botol susu.

Perbedaan dengan pembersih yang lain, cairan yang satu ini diperkaya dengan pembersih alami Lime Extract yang efektif menghilangkan 99% bakteri dan aman untuk makanan, mudah dibilas tanpa meninggalkan residu dan aman bagi bayi.

Memiliki sertifikasi food grade dengan pH seimbang dan lulus uji tes mikrobiologi, produk ini dapat digunakan untuk mencuci buah-buahan dan sayuran untuk menghilangkan sisa pestisida di permukaan. Cleanser ini tersedia dalam kemasan botol 450 ml, serta refill 300 ml dan 700 ml.

4. Little Tree Dish & Bottle Cleaning Foam

Berbasis di Singapura dan merupakan distributor produk-produk perlengkapan anak dan bayi, produk pembersih dari Little Tree menekankan kekuatan pembersih alami dari bahan-bahan tanaman untuk membuat perlengkapan bayi termasuk botol susu, bahkan baju, tampil bersih dan segar setelah dicuci.

Dengan formula khusus, produk ini mampu menghilangkan minyak, melenyapkan noda, dan diklaim amat mudah dibersihkan untuk meminimalisir penggunaan air.

Uniknya, bahan yang digunakan untuk menciptakan pembersih ini terdiri dari anggur, jeruk, dan daun teh. Tujuan utama dari produsen pembersih ini adalah membuat lingkungan keluarga bersih dan nyaman dengan produk yang mereka ciptakan.

5. My Baby Bottle, Nipple, and Baby Accessories Cleanser

Dengan desain yang unik dan lucu, melalui keterangan dalam lamannya, sabun pembersih perlengkapan bayi yang satu ini mampu membersihkan sisa susu dan lemak yang menempel pada botol susu, dot, dan perlengkapan makan bayi lainnya.

Tersedia dalam kemasan botol 450 ml serta isi ulang 400 ml, pembersih dengan bahan-bahan alami ini membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada peralatan bayi.

Bahan-bahan pembuat cairan pembersih ini juga diklaim memiliki sertifikasi food grade. Jadi selain lembut di tangan, cleanser ini bisa juga digunakan untuk mencuci sayur dan buah untuk makanan si Kecil.

6. NUK Baby Bottle Cleanser

NUK sendiri awalnya merupakan produk yang memenuhi kebutuhan bayi, yang dikeluarkan atas riset yang dilakukan oleh dua ahli ortodontik Jerman pada tahun 1956.

BACA JUGA  KPK Gelar Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Sumatera Selatan

Laman NUK mengklaim bahwa pembersih ini ditujukan untuk membersihkan botol susu, empeng, dan peralatan bayi lainnya. Uniknya, selain memiliki bahan dasar alami dari sumber terbarukan, pembersih ini juga mengandung enzim spesifik yang secara efektif menghilangkan protein susu serta residu jus. Formulanya yang lembut ini pun aman bagi bayi.

Produk ini memiliki sertifikat biodegradable, artinya ramah lingkungan, serta bebas pewangi dan pewarna. dengan pH yang netral, produk ini ramah bagi kulit Mama. NUK mengklaim bahwa produk yang satu ini amat mudah dan cepat membersihkan peralatan tanpa meninggalkan residu.

7. Pigeon Liquid Cleanser

Pigeon adalah produk keluaran Jepang yang memulai debutnya sejak 1957. Pigeon menjelaskan bahwa produk ini telah terbukti memiliki efektivitas tinggi dalam membunuh bakteri, hingga 99,99 persen. Tak hanya untuk peralatan bayi seperti botol, dot, empeng, dan juga mainan bayi yang sering dimasukkan ke dalam mulut si Kecil.

Cleanser ini tersedia dalam kemasan 200 ml, 450 ml, dan 700 ml.

Dalam lamannya, Pigeon mengklaim bahwa cleanser bersertifikasi 100 persen food grade ini terbuat dari turunan karbohidrat yang bahkan dapat dikonsumsi. Lebih jauh lagi, menurut Pigeon, pembersih ini bisa dengan efektif menghilangkan bahan-bahan kimia yang digunakan dalam pertanian, yang menempel di sayur dan buah.

8. Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser

Menurut laman Sleekbaby.co.id, produk khusus pembersih botol dan aksesoris bayi ini memiliki formula food grade sehingga lebih aman untuk si Kecil. Selain itu, Sleek Baby juga mengandung formula Stain Removal serta Natural Antibacterial, yang dinilai efektif membutuh bakteri sekaligus menghilangkan bau amis dan melenyapkan noda susu dengan lebih mudah.

Terdapat beragam kemasan yang dapat Mama pilih, mulai dari botol yang dapat menampung cairan 500 ml, 150 ml, serta kemasan isi ulang mulai dari pouch 900 ml, 450 ml, serta 70 ml yang berguna saat bepergian.

Sleek adalah produk karya dalam negeri dari Kino, produsen yang telah berkecimpung lebih dari dua dekade yang mengeluarkan berbagai merk ternama dalam bidang perawatan tubuh, farmasi, bahkan klinik perawatan kulit di Indonesia. Artinya, produk ini tak diragukan lagi kualitasnya.

 

Sumber : popmama

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button