SEHAT

Susah Tambah Berat Badan ? Coba 6 Makanan Penggemuk Badan yang Menyehatkan

MAKLUMATNEWS.com – Tidak selamanya kelebihan berat badan menjadi factor pemicu masalah kesehatan. Faktanya, penyakit juga rentan menimpa orang-orang yang berat badannya tidak ideal. Sayangnya, tidak semua orang mudah untuk menambah berat badan.

Sebagian besar faktornya disebabkan oleh genetik atau aturan makan makanan yang tidak tepat. Misalnya, sebagian besar orang percaya kalau mengonsumsi makanan dalam porsi besar bisa menambah berat badan. Bukannya menambah bobot, cara yang tidak sehat tersebut justru bisa membahayakan kesehatan. Padahal kunci utama menambah berat badan adalah mengonsumsi makanan sehat yang padat nutrisi secara teratur.

Adapun beberapa jenis makanan padat nutrisi yang mampu menambah berat badanmu dengan sehat:
1. Daging merah
Daging merah mengandung leusin yang dapat menstimulasi pembentukan protein otot dan menambah jaringan otot yang baru. Penambahan otot ini yang dapat membantu kamu untuk menambah berat badan.
Kandungan kalori dalam daging merah terbilang tinggi sekitar 456 kalori dan 49 gram protein. Sandingkan dengan sayur-sayuran untuk menambah kandungan vitamin dan mineral.

2. Buah Alpukat
Buah Alpukat terkenal dengan buah tinggi kalori dan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Satu buah alpukat mengandung sekitar 200 kalori. Konsumsi secara rutin untuk menambah berat badan secara signifikan. Selain kalori, buah ini juga mengandung kalium, vitamin K, dan tinggi serat yang mampu membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi.

3. Susu full cream
Susu termasuk minuman yang dapat membantu menaikkan berat badan kamu secara alami. Mengonsumsinya secara rutin mampu memenuhi kebutuhan protein, karbohidrat, hingga lemak harian kamu. Minuman ini juga mengandung sumber kalsium dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

BACA JUGA  Lupakan Baunya! Ini 5 Manfaat Petai Bagi Kesehatan

4. Kentang
Kandungan pati yang terdapat pada kentang dapat membantu kamu untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan otot, serta menambah berat badan secara alami dan sehat. Jika dibandingkan dengan nasi, kentang termasuk lebih sehat. Sebab, kentang mengandung gula yang lebih rendah dari nasi dan serat yang lebih tinggi.

5. Pasta
Selain kentang, pasta juga bisa dijadikan alternatif pengganti nasi lainnya. Kandungan karbohidratnya yang lumayan tinggi dapat membantu kamu menambah berat badan. Tambahkan keju, protein dan sayuran untuk menambah kandungan gizi dalam piring makananmu.

6. Kacang
Makanan yang satu ini cocok dijadikan cemilan di antara waktu makan. Kacang dan selai kacang mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga bisa membantu menaikkan berat badan. Satu genggam kecil almond mentah (1/4 cangkir) saja bisa mengandung 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 15 gram lemak sehat.
Kamu bisa bisa menambahkan selai kacang ke berbagai makanan ringan, seperti smoothie, yogurt, dan kerupuk sebagai camilan berkalori tinggi.

Selain itu, kamu juga perlu mengiringinya dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minuman. Cairan dapat membantu proses pencernaan agar mampu mengolah makanan lebih baik. Namun, hindari mengonsumsi minuman yang ada tambahan gulanya.

Jangan lupa untuk berolahraga. Karena sebagian orang cenderung takut berolahraga yang bisa membakar kalori. Padahal, jika pilihan olahraganya tepat bisa membangun massa otot. Semakin bertambahnya massa otot, otomatis berat badan kamu akan bertambah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button