NASIONAL

NPK Khusus Kopi Diyakini Bantu Petani di Sumsel

MAKLUMATNEWS.com, Palembang-
Sebagai langkah awal mendukung peningkatan sektor perkebunan kopi di Sumatra Selatan, beragam terobosan dihasilkan PT Pusri Palembang. Salah satunya dengan produk pupuk NPK khusus kopi yang belum lama ini diluncurkan.

Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Tri Wahyudi Saleh, mengatakan pihaknya menilai potensi kopi di Sumatra, termasuk Sumatra Selatan (Sumsel), sangat luas. “Oleh karena itu kami merespon kebutuhan petani kopi di Sumatra dengan membuat NPK Kopi,” katanya.

Tri menjelaskan perusahaan pun telah bekerjasama dengan Dinas Perkebunan untuk mengembangkan pemakaian pupuk NPK Kopi yang dihasilkan produsen pupuk tersebut. Ia menambahkan NPK Kopi dihadirkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang memiliki formula dan spesifikasi khusus untuk tanaman tersebut.

Sementara itu, SVP mengatakan hasil uji coba NPK Kopi menunjukkan peningkatan panen rata-rata 51-62,5 persen. “Kami sudah uji coba selama 2 tahun di tiga daerah penghasil kopi, hasilnya ada peningkatan produksi petani,” katanya.

Ia memaparkan petani di daerah itu mampu panen sebanyak 1,3 ton per ha dari semula hanya 0,8 ton per ha.

Selain itu, uji coba juga dilakukan untuk tanaman menghasilkan milik petani di Kabupaten Lahat yang meningkat dari semula 1,45 ton per ha, menjadi 2,2 ton per ha. (Maulana)

BACA JUGA  Buruan Daftar! Kartu Prakerja Gelombang 45 Sudah Dibuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button