LIFESTYLE

Catat Ya! 9 Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja

MAKLUMATNEWS.com — Microsoft Excel merupakan sebuah software spreadsheet yang paling sering dipakai di seluruh dunia. Software Excel digunakan oleh hampir semua bidang pekerjaan dari akuntansi dan keuangan, industri, statistik dan penelitian, dan banyak bidang yang lain.

Sebagai sebuah software spreadsheet, Microsoft Excel memiliki fungsi untuk untuk mengelola data. Namun sekarang di dalam Microsoft Excel sudah terdapat berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti diagram, grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya

Menggunakan Excel untuk mengolah data diperlukan rumus. Rumus-rumus Excel ini memudahkan dalam proses pengolahan datanya.

Oleh karena itu Microsoft Excel adalah program pengelolaan data yang kerap digunakan untuk keperluan administrasi dalam dunia kerja

Berikut ini ada beberapa rumus  excel yang wajib di kuasai karena sering dipakai di dalam dunia kerja  yaitiu :

  1. SUM

    SUM merupakan rumus yang digunakan untuk melakukan penjumlahan data berbentuk angka dengan cepat. Anda dapat menghitung jumlah data yang diinginkan dengan rumus yang satu ini.

    Contohnya, apabila Anda ingin menjumlahkan angka pada sel A2 sampai sel A10, rumus yang digunakan adalah =SUM (A2:A6)

    2. AVERAGE
    AVERAGE merupakan rumus yang berguna untuk mencari nilai rata-rata angka pada beberapa jumlah sel. Sebagai contohnya, jika Anda mencari rata-rata nilai mata kuliah yang ada pada sel A2 hingga A20.

    Untuk mencari rata-rata dari sel tersebut, Anda dapat menggunakan rumus =AVERAGE (A2:A20).

    3. IF
    Jika Anda ingin membuat perbandingan logis dengan menguji parameter dan mengembalikan hasil, rumus IF di excel ini dapat digunakan. Nantinya hasil yang keluar berupa ‘True/False’.

    Apabila perbandingan benar, hasil akan menyatakan ‘True’, sedangkan jika perbandingan salah, maka hasil akan menyatakan ‘False’. Rumusnya dapat ditulis sebagai berikut =IF (logical_test, [value_if_true],[value_if_false]).

    4. MAX dan MIN
    Untuk mencari angka tertinggi atau terendah di dalam deretan sel yang berisi angka, Anda dapat menggunakan rumus MAX dan MIN.

    Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari nilai tertinggi dan terendah dari 1 sel deret ke bawah atau ke samping A2 sampai A13, maka rumusnya:

    Terbesar: =MAX (A2:A13)

    Terkecil: =MIN (A2:A13)

    5. COUNT
    Rumus Excel yang paling sering digunakan dalam dunia kerja berikutnya adalah COUNT. COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka.

    Sebagai contoh, data pada sel A1 sampai sel M1 terdapat data angka dan data huruf. Kemudian, untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka maka Anda dapat menggunakan rumus =COUNT (A1:M1).

    6. COUNTA
    Hampir sama dengan COUNT, COUNTA digunakan bukan hanya untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, tetapi juga sel yang berisi apa pun, termasuk sel kosong.

    Contohnya, Anda memiliki data angka dan juga kata pada sel A1 sampai dengan sel P1. Di antara sel tersebut terdapat beberapa sel yang kosong.

    Untuk menghitung jumlah sel yang berisi data, Anda dapat menggunakan rumus =COUNTA(A1:P1).

    7. TRIM

    TRIM merupakan rumus yang berguna untuk menghapus spasi yang berlebih pada kalimat yang ada di sel.

    Rumus ini hanya dapat diaplikasikan pada satu sel. Contoh rumusnya =TRIM(A3).

    8. CHOOSE
    CHOOSE merupakan rumus Excel yang digunakan untuk memilih dan menampilkan suatu nilai pada satu list nilai. CHOOSE digunakan untuk memilih 1 nilai sampai 254 sesuai dengan nomor indeks.

    Contohnya, nilai 1-7 merupakan nama hari dalam satu minggu. Rumus ini akan menempatkan nama salah satu hari jika menggunakan nomor indeks 1 sampai dengan 7, rumusnya =CHOOSE (index_num,value1,[value2],…..)

    9. AND
    Rumus AND digunakan untuk menentukan benar (TRUE) atau salah (FALSE) pada data yang ada di sel menggunakan rumus logika.

    Sebagai contoh saat Anda ingin mencari tahu apakah nilai A1 lebih dari 75 dan kurang dari 100 dengan menggunakan rumus ini.

    Jika data pada sel memenuhi kriteria, maka akan muncul hasil dengan tulisan TRUE dan sebaliknya. Rumus yang digunakan =AND(A1>75;A1<100).

BACA JUGA  Bassist God Bless Donny Fattah : Pernah Dimarahi Tetangga Saat Bikin Lagu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button