SUMSEL

Meilinda Dilantik Menjadi Ketua DPW Garpu Sumsel Ini Visinya Memajukan UMKM 

MAKLUMATNEWS.com, Palembang.—Pelantikan DPW Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (Garpu) Sumsel “Sumsel Maju Menuju UMKM Hebat di Era Digitalisasi” dilaksanakan di Kantor DPW Partai Nasdem Provinsi Sumsel, kemarin Ahad (30/9/2022).

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU), Pietra M Paloh melantik Hj Meilinda MM sebagai Ketua DPW GARPU Sumsel. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPW Partai Nasdem Sumsel yang juga Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Ketua DPW Nasdem Sumsel yang juga Gubernur Sumsel, H Herman Deru dalam sambutannya menuturkan tiga point penting untuk DPW Garpu usai dilantik dalam menjadi jembatan bagi pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yakni keterampilan, permodalan dan bangsa pasar.

“DPW Garpu dapat bermitra dengan organisasi non kepartaian yang dapat menjadi jembatan dalam memberikan literasi bagi UMKM sehingga tidak meminjam permodalan usaha ke tempat yang tidak tepat,” ungkap Deru.

Menurutnya Garpu hendaknya membuka pasar seluas-luasnya dengan keterampilan training of trailer dengan memberi pelatihan ke tingkat paling dasar untuk menjadi jembatan emas dalam permodala.

“Kalau permodalan didapatkan pada tempat yang tidak tepat dapat maka usaha bisa terancam,” ucapnya.

Selain itu dikatakan Deru bahwa pasar tidak ada guna keterampilan dan modal apabila tidak mempunyai pasar yang jelas maka tugas Garpu agar dapat menjadi manfaat bagi pedagang dan UMKM dalam mengedukasi dan mengarahkan pedagang dan UMKM.

Ketua DPW GARPU Sumsel, Hj Meilinda mengatakan, dengan diresmikan Pengurus DPW Garpu Sumsel akan menambah power dan semangat bagi para pegiat perjuangan ekonomi rakyat agar berdaulat mencapai kemajuan bersama.

“Sektor UMKM merupakan salah satu sektor unggulan yang memberikan kontribusi besar dalam pengembangan Sumsel,” tuturnya.

BACA JUGA  Pj Gubernur  Agus Fatoni Siap Gelontorkan Dana Agar Percepat Pemadaman Karhutla Sumsel

Meilinda menambahkan, setelah dilantik dia akan merekrut keanggotaan dulu.

“Kita mencoba di sini itu kita siapkan tempat stand untuk 100 UMKM. Ternyata yang mendaftar mencapai 500 UMKM baik yang memiliki izin maupun yang belum memiliki izin. Yang belum memiliki izin itu belum ada labelnya, ketika mereka bergabung ke Garpu maka akm kita bantu memfasilitasinya untuk pengajuan izin dan mempercantik kemasan produknya,” katanya.

Lebih lanjut Meilinda menuturkan, sebelumnya dia memiliki pengalaman menjadi direktur ICBS OKUT.
“Mungkin karena saya sudah banyak pengalaman di situ jadi sekarang dipercaya menjadi ketua DPW Garpu Sumsel,” bebernya.

“Jika mau mendaftar langsung lewat online bisa. Tapi kalau mau lebih mantap lagi bisa langsung datang ke sini DPW Nasdem membuat KTA dulu, dan masuk menjadi anggota Garpu Sumsel,” tambah Meilinda.

Lebih lanjut, Meilinda mengungkapkan, melalui garpu mencoba berkiprah untuk Sumsel biar lebih luas lagi.

“Awalnya saya diangkat wakil ketua DPW bidang UMKM. Karena basis saya aku dari UMKM diangkat oleh beliau kakak Ketua DPW jadi wakil ketua bidang UMKM. Kemudian, dengan berjalannya waktu aku juga tidak tahu awalnya ternyata dapat mandat dari DPW partai Nasdem untuk menjadi ketua Garpu Sumsel,” tuturnya.

 

Meilinda mengatakan, banyak yang tertarik bergabung di Garpu karena karena sudah ada cabang di Mekah Al Mukaromah. Dalam waktu dekat di Mesir sehingga ada peluang untuk memasarkan produknya ke Mesir.

“Pangsa pasar itu yang membuat orang tertarik. Kita melihat ada peluang kita bisa membaca peluang untuk memasarkan produk UMKM keluar negeri. Insya Allah peluang itu ada dan bisa dilaksanakan,” tandasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button