PALEMBANG

Terhitung 31 Oktober 2022 Naik Teman Bus Tak Lagi Gratis..!

MAKLUMATNEWS.com, Palembang,-Teman Bus yang kelola oleh PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) setelah dua tahun belakangan gratis, kini berbayar dan cashless atau tidak boleh pakai uang tunai.

Direktur PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) Anthony Rais mengatakan, dikenakan tarif ini sudah direncanakan sebelumnya setelah dua tahun terakhir gratis.

“Mulai 31 Oktober berbayar. Aturan dari Kementrian Perhubungan dan Kementrian Keuangan, tidak boleh bayar pakai uang tunai,” katanya, Senin (31/10/2022).

Tarif naik Teman Bus Rp4.000 diharuskan membayar dengan cara non tunai dengan aplikasi teman bus, Brizzi (BRI), Tapcash (BNI), Flazz (BCA), E-money (Mandiri) dan QRIS.

Atau dengan e-Wallet seperti Gopay, OVO, DANA, Shopee Pay, dan Link Aja.

Caranya, pastikan smartphone anda sudah memiliki aplikasi bank atau e-Wallet. Klik menu bayar/ QRIS, scan QR yang ada di pintu bus, masukkan tarif lalu klik bayar. Masukkan pin anda dan pembayaran berhasil.

Jika pembayaran dengan kartu non tunai seperti Tap Cash, Flazz, e-Money dan Brizzi, pastikan kartu terisi saldo, lalu tap kartu di perangkat ‘Tap On Bus’.

“Bisa juga beli e-money di Indomaret,” kata Anthony.

Pihak teman bus menginformasikan juga di akun instagramnya @temanbuspalembang. Berbayar naik Teman Bus kecuali balita yang masih digendong, gratis.

Lalu pelajar sekolah mulai PAUD, TK, SD, SMP sampai SMA/sederajat, penyandang disabilitas, difabel atau lansia juga menggunakan tarif Rp0 atau gratis.

Caranya, ada QR di bus lalu difoto QR yang ada di setiap bus lalu tab di setiap TOB (Tap on Bus) yang ada di bus lalu tunjukkan kepada driver.

Untuk orang tua yang anaknya tidak menggunakan handphone saat sekolah, penyandang disabilitas, difabel, dan lansia, terlebih dahulu untuk foto QR code yang ada di bus, lalu bisa dicetak dengan kertas/kartu.

BACA JUGA  Seruduk Mobil Pick Up, Pengemudi Motor Tewas Di Tempat

Teman Bus kini melayani rute Alang-alang Lebar (AAL) – Dempo, AAL – Talang Jambe, Sako – Palembang Icon, Palembang Icon – Pusri. (Pitria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button