NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al Maidah Ayat 117 Statement Nabi Isa as

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-Ma’idah Ayat 117 berbunyi :

{ مَا قُلۡتُ لَهُمۡ إِلَّا مَاۤ أَمَرۡتَنِی بِهِۦۤ أَنِ ٱعۡبُدُوا۟ ٱللَّهَ رَبِّی وَرَبَّكُمۡۚ وَكُنتُ عَلَیۡهِمۡ شَهِیدࣰا مَّا دُمۡتُ فِیهِمۡۖ فَلَمَّا تَوَفَّیۡتَنِی كُنتَ أَنتَ ٱلرَّقِیبَ عَلَیۡهِمۡۚ وَأَنتَ عَلَىٰ كُلِّ شَیۡءࣲ شَهِیدٌ }

Artinya :

Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu.” Aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau wafatkan (angkat ke langit) diriku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu.

Pada ayat ini Allah menjelaskan statement Nabi Isa as.

Nabi Isa berkata, wahai Tuhanku, aku tidak pernah berkata kepada kaumku kecuali Wahyu yang telah Engkau turunkan kepadaku, Engkau perintahkan kepadaku untuk menyampaikannya kepada mereka dan ke semua itu intinya adalah menegaskan keesaan-Mu dan beribadah kepada kepada-Mu.

Dan selagi aku hidup, aku menjadi saksi atas perkataan dan perbuatan mereka.

Akan tetapi ketika Engkau telah mencukupkan masaku di dunia, dan Engkau mengangkatku ke langit dalam kondisi hidup, aku tidak bisa lagi menyaksikan mereka, maka tinggallah Engkau yang menyaksikan mereka secara detail hingga rahasia-rahasia mereka. Sungguh Engkau menyaksikan segala sesuatu, tiada yang tersembunyi bagi-Mu diatas bumi maupun di langit.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir Juz 5, Surat An Nisa' Ayat 118, Setan Terlaknat, Dia Selalu Menyesatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button