MUSI RAWAS

Bapak Literasi Mura Siap Majukan Progam Literasi Berkelanjutan

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG -Bapak Literasi Musi Rawas (Mura), H. Riza Novianto Gustam, menegaskan siap mengembangkan program literasi di Mura supaya ke depan semakin maju.

Hal ini diungkapkannya usai menghadiri Pembukaan Festival Literasi Sumsel 2022, di Dining Hall Jakabaring Sport City Palembang, Sabtu, (5/11/2022).

“Pada festival ini ada 6 Lomba yakni Literasi Dasar yaitu Literasi Sains, Literasi Baca Tulis, Literasi Budaya, Literasi Digital, Literasi Numerasi, dan Literasi Finansial. Semua ini kita ikuti dan akan dikembangkan terus. Sehingga ada kemajuan literasi di Kabupaten Mura,” katanya.

Festival Literasi Sumsel 2022 yang bertajuk “Transformasi Dahulu, Kini, dan Mendatang” bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat kreativitas pelajar, mahasiswa, dan masyarakat melalui kompetisi di berbagai bidang literasi serta memberdayakan usaha UMKM di bidang kuliner dan kerajinan yang mengangkat nilai-nilai kearifan lokal Sumsel.

Dalam Pameran Stan Literasi, Kabupaten Musi Rawas memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan hasil kerajinan dan produk asli Mura seperti Batik Musi Rawas dan produk Kopi Mantab.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Herman Deru (HD) menyampaikan Saat ini tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak berwawasan. Selama kita punya teman kita pasti cerdas.

“Mindset orang selama ini literasi secara harfiah adalah kecakapan, membaca dan menulis. Selain itu juga literasi bisa didapatkan dari mendengar, melihat untuk menambah wawasan” ujar HD.

Ditambahkan HD Kita selalu berpikir kecerdasan bisa di dapatkan di bangku sekolah dimana setiap orang tua menuntut meraih prestasi. Namun hal tersebut tidak seimbnag jika tidak ditambah wawasan.

“Percuma berprestasi jika tidak berwawasan dan menjadi introvert. Anak akan menjadi tidak peka dengan lingkungan sekitarnya. Dan ini adalah tugas Duta Literasi dan Para Bunda Literasi di Kabupaten /Kota agar dapat memanfaatkan setiap sarana yang ada. Untuk menunjukkan kinerja di lapangan, hasil akhirnya adalah meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia)” ucap HD.

BACA JUGA  Bimtek Smart City, Pemkab Mura Terus Berupaya Tingkatkan Kwalitas Dan Kuantitas Seluruh Aparatur

HD berpesan kepada semua berpredikat duta literasi dan Bapak/Ibu Literasi untuk berperan memerangi kebodohan.

Selain itu terdapat Workshop Literasi bertema “Transformasi Dahulu, Kini, dan Mendatang” dengan narasumber Tere Liye dan Deputi Bidang Sumber Daya Perpustakaan RI, Pameran Naskah Kuno dan Fotografi, Donasi Buku, Pameran Stan Literasi, dan penampilan spesial oleh Kunto Aji pada 6 November 2022. (Wan Asri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button