EKONOMI

Inflasi Kota Palembang Turun 0,16% , Diduga Ini Penyebabnya..!

MAKLUMATNEWS.com, Palembang,–Inflasi yang biasa terjadi lantaran tingginya harga bahan pokok (sembako) di pasaran kini diklaim pemerintah Kota Palembang dapat terkendali.

Hal itu berdasarkan hasil rapat inflasi Pemerintah Kota Palembang bersama Kementrian Dalam Negeri, Tito Karnavian melalui zoom meeting, Senin (7/11/2022).

Bahwa, inflasi Palembang awal November 2022 ini mengalami penurunan dari 6,71% menjadi 6,55% atau turun 0,16%.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Raimon Lauri mengatakan, Badan Pusat Statistik (BPS) Palembang mengungkapkan inflasi menurun lantaran harga komoditas harga pokok menurun.

“Komoditas penyebab inflasi tinggi itu biasanya karena harga-harga Cabai Merah, Telur Ayam, Daging Ras Ayam yang naik, tapi sekarang turun,” katanya.

Seperti diketahui, sejak akhir Oktober, beberapa komoditas pangan di pasaran sudah turun. Seperti harga Cabai Burung yang biasanya Rp60 ribu – Rp100 ribu/ kg kini menjadi Rp40 ribu/ kg.

Selain itu, harga Cabai Keriting dan Cabai Rawit saat ini Rp30 ribu/ kg juga telur ayam ras Rp24 ribu/ kg.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, kenaikan inflasi sebelumnya didukung oleh naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Sembako seperti cabai dan telur menjadi faktor turunnya inflasi, ini akan kita pantau terus untuk kestabilan harga,” katanya. (Pitria)

BACA JUGA  9 Tips Memulai Bisnis Ayam Potong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button