KRIMINALITAS

Berkedok Tawuran, Belasan Pelajar SMK di Palembang Lakukan Aksi Begal

MAKLUMATNEWS.com, Palembang, — Anggota Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumatera Selatan (Sumsel) mengamankan belasan siswa SMK yang terlibat aksi pembegalan terhadap sejumlah pemotor.

” Jadi mereka ini dalam aksinya, bermodus tawuran. Namun pada akhirnya melakukan pembegalan. Ironisnya lagi, aksi begal tersebut mereka rekam dan disebarluaskan ke media sosial, ” kata Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Agus Prihandinika, Kamis (10/11/2022).

Menurutnya, penangkapan belasan siswa ini sebagai buntut tindaklanjut atas video viral aksi para pelaku di media sosial.

” Polisi turut menyita sejumlah senjata tajam, seperti pedang, celurit, kapak, dan dua unit motor hasil pembegalan, ” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, para pelaku melakukan begal dengan cara sweeping di jalan raya pada malam hari. Mereka mencari mangsa dan langsung bergerak saat mendapati korban yang melintas.

” Mereka merekam aksi itu melalui kamera ponsel lalu mempostingnya ke Instagram. Alhasil, video itu diposting ulang pemilik akun lain dan menjadi viral, ” ungkapnya.

Berdasarkan informasi video tersebut, anggota kemudian melakukan lidik dan menangkap para pelaku dengan ciri-ciri dalam video yang beredar.

” Akibat perbuatan ini, mekera diduga melanggar Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Untuk mengantisipasi aksi serupa, kami akan mengoptimalkan patroli di titik-titik rawan kejahatan lainnya, ” terangnya.

Sementara itu, salah seorang pelaku, MI (19) mengaku sudah dua kali melakukan aksi pembegalan dengan modus tawuran, yakni pada 10 Oktober 2022 dan 9 November 2022. Semuanya dilakukan di kawasan Seberang Ulu, Palembang.

“Sasaran kami pelajar juga, yang lewat dikejar dan diambil motornya. Kami sudah dapat dua motor,” ungkap MI di Mapolda Sumsel, Kamis (10/11/2022).

BACA JUGA  Jadi Korban Pengeroyokan, Siswa SMA di Palembang Lapor Polisi

Disinggung mengenai video aksi begal yang viral tersebut. Ia mengakui bahwa video yang diposting oleh kelompoknya adalah benar. Dia berdalih tujuannya untuk iseng belaka.

“Memang sengaja diposting, iseng-iseng saja,” kata dia.

Reporter : Yola Dwi R
Editor : Jemmy Saputera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button