PENDIDIKAN

Ketika Siswa SDIT Al-Furqon “Ajari” Gubernur Sumsel Herman Deru Bikin Rujak Mie

MAKLUMATNEWS.com — Di tengah kesibukannya sebagai  Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru  menyempatkan hadir dan menyaksikan  langsung  Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka yang dpersembahkan anak-anak pelajar Sekolah Dasar Islam Terpadu  (SIT) Al Furqon Palembang, Rabu, 9 November 2022.  Maka tak pelak lagi, perhelatan yang mengambil tema,” Makananku Budayaku” ini, semakin riang gembira, riuh rendah suara anak-anak menyambut dan menyapa orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini.

Disambut Direktur SIT Al Furqon H. Emil Rosmali dan Kepala SDIT Al Furqon, Zakiudin, Gubernur Herman Deru yang saat itu mengenakan baju warna biru donker ini, langsung memasuki Aula Daarul Jannah, lokasi acara, dan dengan senyum khas-nya langsung menyapa semua murid, tamu dan undangan, yang sudah memenuhi ruangan tersebut.

Seperti kebiasaannya, yang tidak protokoler,  Herman Deru langsung bergabung dengan para perwakilan murid kelas satu yang sedang mempresentasikan hasil karya P5 nya. Dia pun berhenti di depan mereka dan mengamati hasil karya pemikiran dan buatan tangan siswa tersebut.

Mengangkat tema kearifan lokal Palembang, karya makanan yang ditampilkan merupakan adonan tepung dan ikan seperti pempek kecil, pempek besar, mie celor, tekwan, dan lainnya.

“Ini kamu buat apa?,”tanya Gubernur Sumsel sembari menunjuk hasil karya siswa yang terpampang di meja.

Kemudian, salah satu siswa kelas satu menjawab dengan antusias diantara kerumunan kelompoknya.

“Kita masak rujak mie pak,” katanya dengan nada lembut dan berpenampilan memakai busana adat Palembang.

Gubernur pun tak kalah antusias mendengar jawaban siswa, ia pun menanyakan bagaimana proses pembuatan rujak mie agar bisa disantap.

BACA JUGA  Percepat Vaksinasi, SDN 33 talang Kelapa Gelar Vaksin

“Kita siapkan mangkok, terus masukkan mie kuning, potongan kecil timun, potongan kecil tahu goreng, bihun lalu disiram dengan cuko,” jelas anak tersebut.

Menanggapi jawaban tersebut, Herman Deru pun langsung tersenyum sumringah atas keberanian siswa berbicara di depan orang banyak.

Ia pun melanjutkan untuk mengelilingi setiap stand gelar karya P5 yang telah didekorasi oleh para siswa dengan dibantu para guru.

Sebelumnya, Acara gelar karya P5 dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Direktur SIT Al Furqon Palembang Emil Rosmali, Kepala SDIT Al Furqon Palembang, Ketua Komite SDIT Al Furqon Palembang, Rahma Ivani, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ansori, Ketua KORMI Provinsi Sumsel Samantha Tivani HD. Turut hadir juga istri Gubernur Sumsel Hj. Febrita Lustia Herman Deru.

Dilanjutkan dengan berbagai penampilan ekstrakulikuler SDIT Al Furqon seperti pembacaan tilawah, penampilan tari, menyanyikan lagu pempek lenjer, serta di tutup dengan penampilan marching band.

Kemudian di teruskan dengan presentasi siswa atas gelar karya P5 dan dilakukan penilaian oleh para guru.

Sebelumnya, Kepala SDIT Al Furqon, Zakiudin mengatakan beberapa tahapan demi tahapan mulai dari tahapan satu hingga kesepuluh sudah terlaksanakan dalam proyek P5 dengan baik.

“Maka, Tahapan proyek P5 ke 13 sampai 15 memasuki tahapan aksi berupa Pameran yang akan dilaksanakan pada tanggal 09 November 2022 di Aula Darul Jannah,”kata Zakiudin.

Pada kegiatan perdana ini, SDIT Al Furqon mengangkat tema ‘Makananku Budayaku’ dengan harapan pihak sekolah menginginkan anak didik mengenal kearifan lokal dan sisi kekhasan daerah Kota Palembang, juga mengenalkan peserta didik rasa kecintaan, kebanggaan terhadap makanan khas kita.

“Pembelajaran diferensiansi itu berkaitan dengan konten, sttrategi dan produk. Kita kenalkan bahwa makanan khas di palembang ini rata-rata kontennya terdiri dari perpaduan antara ikan dan tepung. Lalu strateginya tadi ada yang digoreng, dikukus, direbus dan berkuah. Kemudian hasil atau produknya nanti bisa jadi kemplang, kerupuk, pempek atau tekwan,”jelasnya.(*)

BACA JUGA  SMA Negeri 16 Palembang Gelar Kegiatan Kampus Masuk Sekolah 

Reporter : Trijumartini

Editor      : Aspani Yasland

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button