KRIMINALITAS

Sadis dan Keji, Inilah Motif dan Peran Para Pelaku Pembunuhan di OKI yang Jasadnya Ditemukan Terkubur Dalam Lumpur

MAKLUMATNEWS.com, Palembang–Keempat pelaku pembunuhan terhadap Romli desa Karangsia Kecamatan Sungai Menang, OKI dipertemukan dalam kegiatan ungkap kasus di Gedung Presisi Mapolda Sumsel, Kamis (10/11/2022).

Dihadiri Dirreskrimum Polda Sumsel Kombes pol M Barly Ramadhan dan Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sumsel, Kompol Agus Prihandinika Kasatreskrim Polres Ogan Komering Ilir , AKP Jatrat Tunggal Rachmad kegiatan ungkap kasus tersebut membuka motif pembunuhan yang terjadi beberapa waktu lalu.

Dirreskrimum Polda Sumsel Kombes pol M Barly Ramadhan mengatakan Tim opsnal unit IV Subdit Jatanras Polda Sumsel juga mengamankan beberapa barang bukti diantaranya satu uni perahu ketek, dua unit alat berat (excavator) yang digunakan untuk menggali tanah dan mengubur korban serta baju korban.

Diberitakan sebelumnya, ketiga pelaku ditangkap di salah satu pedepokan yang yang di Kabupaten Karawangpada hari sabtu 5 November 2022 sedangkan satu orang lainnya ditangkap di Kota Bekasi Barat pada tanggal 7 November 2022 lalu.

Kombes pol M Barly Ramadhan menambahkan korban tiga kali ditembak oleh pelaku Ten.

“Bukan hanya itu, bahkan di tombak dan di bacok sebelum akhirnya di kubur didalam kubangan lumpur menggunakan alat berat”, ujarnya.

Menyoal peristiwa itu, Pelaku Sutrisno alias Ten (39), mengakui perbuatannya telah menghabisi nyawa korban lantaran sakit hati dan tersulut emosi saat korban meminta memaksa meminta minyak kepada karyawan pabrik.

“Saya sakit hati karena dipaksa meminta jatah minyak, saya bilang tunggu dulu, namun korban terus memaksa hinga pelaku dilarang melaksanakan shalat jumat”, ujarnya.

Ten langsung emosi dan mendatangi korban bersama kedua pelaku dan mengajak pelaku Iwan untuk menjadi supir keteknya.

” Saya mengajak mereka ( dua tersangka) untuk menemani saya dan Iwan saya suruh untuk membawa ketek, kami juga membawa tombak dengan maksud melindungi diri”,ujarnya lagi.

BACA JUGA  Alami 6 Luka Tusuk, Korban Penikaman oleh Kakak Ipar di Pasar Cinde Masih Dirawat di RS Charitas

Hingga akhirnya tersangka menembak korban menggunakan senjata api rakitan dan melepaskan tiga butir peluru tepat di dada korban.

” Saya tembak tiga kali pakai senjata api rakitan yang saya beli dari sungai Ceper, setelah saya tembakan senjata itu saya buang ke sungai,”ungkapnya

Tak puas hanya menembak, bahkan Ten juga membacok korban tepat dibelakang leher korban.

Setelahnya Adi dan Jaka turut mengeksekusi korban dengan cara menghunuskan tombak yang disiapkan oleh Iwan.

” Tombak dan parang itu kami buang ke sungai,”terangnya

Untuk menghilangi jejak perbuatannya, para pelaku pembunuhan itu memaksa operator excavator untuk mengubur korban dalam kubangan lumpur.

” Habis itu kami kabur ke Karawang Jawa Barat,” katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya warga Karangsia, sungai menang OKI dibuat geger dengan temuan jasad Romli dalam kondisi terkubur dalam kubangan lumpur pada Kamis (3/11/2022).

Hingga akhirnya opsnal gabungan Unit 4 Jatanras Polda Sumsel dan Satreskrim Polres OKI, berhasil menangkap tiga pelaku atas nama Sutrisno, Adi, Jaka, berada di wilayah hukum Polda Jabar, pada Sabtu (05/11/2022).

Empat pelaku tersebut adalah Sutrisno alias Ten diduga sebagai dalang pembunuhan, sementara tiga lainnya Adi, Jaka, turut berperan mengeksekusi korban dengan cara ditombak sementara Iwan berperan mengantar pelaku menemui korban di tengah sawah.

Reporter : Yola Dwi R

Editor : Jemmy Saputera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button