OLAHRAGA

Sejumlah Atlet Badminton Berprestasi Indonesia Jadi PNS, Ada Greysia Polii

MAKLUMATNEWS.com, jakarta —Sejumlah atlet badminton berprestasi resmi diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Hal tersebut terlihat dari postingan akun Instagram resminya @fajaralfian95, ia membagikan foto bersama sejumlah atlet bulutangkis lainnya yakni M. Ahsan, Hendra Setiawan, Marcus F. Gideon, Tontowi Ahmad, Anthony Sinisuka Ginting, Hafizh Faizal, Greysia Polii, Liliyana Natsir, Debby Susanto, dan lain-lain.

“Terimakasih banyak untuk pemerintah @kemenpora atas apresiasinya, dari CPNS 2018 dan sekarang sudah resmi menjadi PNS di 2022 lewat pendidikan pelatihan di @pusdiklat_tekfunghan,” tulisnya dalam unggahan tersebut.

Momen-momen saat pengangkatan juga dibagikan oleh sejumlah atlet dalam video pendek di Instagram Story. Seperti di Instagram Story dari Anthony Ginting, yang membagikan momen ketika dia dan beberapa atlet seperti Marcus Gideon, Hendra Setiawan,dan Mohammad Ahsan mengenakan seragam putih lengkap dengan dasi hitam.

Kemudian, momen serupa juga dibagikan oleh Liliyana Natsir melalui Instagram Story juga. Dalam video pendeknya itu terlihat ada Greysia Polii hingga Tontowi Ahmad. Mereka juga kompak mengenakan kemeja putih dan dasi berwarna hitam.

Bila mengacu ke belakang, pemerintah pada 2018 silam memang membuka jalur khusus kepada para atlet berprestasi untuk diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Pada perhelatan Asian Games 2018 pada awal tahun lalu, ketika pengangkatan atlet jadi PNS diusulkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kala itu, Asman Abnur bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

“Sehingga ke depan atlet ini memiliki masa depan untuk menjadi PNS yang nantinya bisa dia gunakan di masing-masing unit kerjanya. Kita harapkan masa depannya lebih baik dan memberikan motivasi kepada atlet sekarang,” ujar Asman sebagaimana dilansir dari liputan6.com

BACA JUGA  Kapolda Sumsel Buka Turnamen Bola Voli Pangdam Cup 2024, Ini Pesannya..!

Sementara Menpora Imam Nahrawi berterima kasih kepada Kementerian PANRB, yang telah peduli terhadap masa depan atlet Indonesia. Salah satunya dengan jaminan untuk mengangkat para atlet berprestasi sebagai PNS.

“Dengan kebijakan ini, para atlet di seluruh Indonesia akan semangat lagi dan memiliki masa depan. Dan, itu bisa memacu semangat atlet untuk berlomba-lomba memberikan prestasi terbaik untuk negara,” ungkapnya.

Usulan tersebut berbuah pada tersedianya formasi khusus atlet berprestasi pada gelaran CPNS 2018. Tercatat, sebanyak 198 atlet berprestasi mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada ujian masuk di tahun itu.

Sama seperti peserta umum lainnya, para atlet tersebut juga harus melalui rangkaian tes, mulai dari SKD hubgga Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Namun, ada sedikit keringanan nilai tes SKD bagi para atlet berprestasi.

Pengecualian khusus pun diberikan bagi atlet yang nantinya lolos seleksi CPNS, yakni tetap dapat menjadi olahragawan baik di ajang nasional maupun internasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button