OKU SELATAN

Pemkab OKUS Gerak Cepat Tanggulangi Dampak Luapan Sungai Warkuk.

MAKLUMATNEWS.com, OKUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan bergerak cepat menanggulangi dan menangani bencana banjir yang terjadi di Desa Kota Batu, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Kabupaten OKU Selatan, Minggu (13/11/2022) pagi.

Kepala BPBD Kabupaten OKU Selatan, Koni Ramli menyebut banjir mengakibatkan sejumlah rumah warga di tempat kejadian terendam air dengan ketinggian yang beragam. Terkait jumlah korban ataupun kerugian, hingga kini pihaknya masih melakukan pendataan.

Tak hanya rumah warga, banjir juga mengakibatkan sejumlah fasilitas umum terendam.

“Usai kejadian, kita langsung berkoordinasi dengan kades untuk melakukan tindakan evakuasi dan lainnya,” ucapnya.

Dia mengimbau agar masyarakat dapat segera berkoordinasi dengan pemerintah desa atau pihak-pihak terkait jika terjadi sesuatu.

Tak hanya pihak BPBD, pihak-pihak terkait lainnya juga telah bergerak cepat dalam menanggulangi bencana ini. Diantaranya pendirian dapur umum oleh Dinas Sosial dan pengerahan Tim Tagana, sarana air bersih oleh PDAM Tirta Saka Selabung, mobil sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup serta tindakan lainnya oleh Pol PP dan Damkar OKU Selatan, PMI dan Dinas kesehatan.

Terkait kejadian ini, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B.Com., mengimbau agar masyarakat dapat bersabar dan tetap tenang dalam menghadapi masalah ini. Selain itu, agar masyarakat dapat sesegera mungkin melaporkan atau mengkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait jika terjadi sesuatu.

Imbauan ini sendiri tak hanya ditujukan kepada masyarakat di Desa Kota Batu, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan melainkan juga warga lainnyadi Kabupaten OKU Selatan agar senantiasa waspada terhadap berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi.

“Harapan kita tentu semuanya senantiasa aman, namun harus tetap waspada sehingga kejadian-kejadian yang tidak diharapkan terjadi ini dapat diantisipasi sedini mungkin,” ucapnya.

BACA JUGA  Tiga Pelajar Terseret Arus Sungai Komering, 2 Selamat 1 Tewas

Bupati OKU Selatan dua periode ini juga menginstruksikan agar dinas terkait dapat segera mengambil tindakan dan membantu masyarakat dalam mengatasi bencana banjir ini.

Saat berita ini di terbitkan air sudah dalam keadaan surut dan tidak menggenangi pemukiman penduduk lagi, dan diketahui hujan lebat mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten OKUS dari hari selasa Pukul 14.00 Wib hingga pada hari minggu tanggal 13 November 2022.

Reporter : Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button