NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An’am Ayat 6 Contoh Kaum Terdahulu yang Allah Binasakan

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-An’am Ayat 6 berbunyi :

{ أَلَمۡ یَرَوۡا۟ كَمۡ أَهۡلَكۡنَا مِن قَبۡلِهِم مِّن قَرۡنࣲ مَّكَّنَّـٰهُمۡ فِی ٱلۡأَرۡضِ مَا لَمۡ نُمَكِّن لَّكُمۡ وَأَرۡسَلۡنَا ٱلسَّمَاۤءَ عَلَیۡهِم مِّدۡرَارࣰا وَجَعَلۡنَا ٱلۡأَنۡهَـٰرَ تَجۡرِی مِن تَحۡتِهِمۡ فَأَهۡلَكۡنَـٰهُم بِذُنُوبِهِمۡ وَأَنشَأۡنَا مِنۢ بَعۡدِهِمۡ قَرۡنًا ءَاخَرِینَ }

Artinya :

Tidakkah mereka memperhatikan berapa banyak generasi sebelum mereka yang telah Kami binasakan, padahal (generasi itu) telah Kami teguhkan kedudukannya di bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu. Kami curahkan hujan yang lebat untuk mereka dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa-dosa mereka sendiri, dan Kami ciptakan generasi yang lain setelah generasi mereka..

Pada ayat ini Allah Swt menjelaskan tentang kaum-kaum yang dahulunya sangat kuat lalu Allah binasakan.
Tidakkah orang-orang musyrik itu memperhatikan kaum-kaum terdahulu sebelum mereka.
Demikian banyaknya kaum yang diberi kesempatan oleh Allah untuk menghuni bumi ini, menjadi penguasa dengan segala unsur yang menunjang kekuasaannya.

Kaum-kaum yang tidak pernah diduga akan binasa karena mereka memiliki seluruh unsur yang menjadikannya mampu menjadi penguasa dunia, namun karena pembangkangannya terhadap Allah, sebab pendustaannya terhadap Rasulullah, kaum-kaum tersebut Allah biasakan.

Dan cara Allah membinasakan mereka adalah sangat mudah dan beragam, diantaranya dengan Allah tenggelamkan mereka. Allah turunkan hujan yang demikian derasnya, serta Allah keluarkan air dari bumi sehingga mereka tenggelam dan tiada tempat untuk berlindung dan mencari selamat.

Ini semua karena keingkaran mereka terhadap Allah, dan kehidupan mereka yang dipenuhi dengan dosa, maka Allah binasakan mereka dan mengganti mereka dengan generasi selanjutnya.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al Maidah Ayat 117 Statement Nabi Isa as

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button