OKU SELATAN

Siap Gelar Pemilu Serentak 2024, KPU OKUS Sosialisasi Pembentukan Badan ADHOC

MAKLUMATNEWS.com, OKUS – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten OKU Selatan gelar Sosialisasi Pembentukan Badan Ad Hoc Pemilihan Umum (Pemilu), dan Pemilihan Gubernur, Bupati serta Walikota Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Selatan, Senin (14/11/2022).

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan H. Romzi S.E.,M.Si., dan menyampaikan semoga semua tahapan Pemilihan tahun 2024 nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Selanjutnya Sekda juga ungkapkan Ad Hoc merupakan badan yang bekerja di tingkat paling bawah dan berkenaan langsung dengan masyarakat. Maka dari itu Badan Ad Hoc harus memiliki skill kompetensi komunikasi dan mengerti kompetensi secara regulasi serta memiliki pengalaman sosial di lingkungan masing-masing.

Anggota KPU Kabupaten OKU Selatan Firdiansyah, S.Kom., M.Kom. mengatakan tahapan demi tahapan Pemilu bisa dilaksanakan sampai tahapan persiapan pembentukan Badan Ad Hoc. Pembentukan Badan Ad Hoc ada di kecamatan sampai dengan tingkat desa.

Mengingat dalam persiapan pembentukan Badan Ad Hoc ini memerlukan sumber daya manusia yang banyak dan memadai, melalui kegiatan koordinasi dan sosialisasi ini tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari terkait dengan rekrutmen Badan Ad Hoc di Kabupaten OKU Selatan.

“Badan Ad Hoc yang dibentuk oleh KPU merupakan sebuah badan yang dibentuk untuk membantu pelaksanaan kerja KPU terkait pemilu, baik di tingkat kecamatan, kelurahan maupun Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ucapnya.

Pemilu dan Pemilihan 2024 proses pendaftarannya melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA). Dengan diluncurkannya aplikasi SIAKBA kemungkinan besar pendaftaran Badan Ad Hoc dilakukan secara online.

KPU juga akan memastikan Badan Ad Hoc yang terpilih nanti harus memiliki integritas dan tidak memihak kepada peserta atau badan-badan tertentu yang memiliki keberpihakkan.

BACA JUGA  Keluarga Lepas Kepergian Pemudik Hingga Bus Berangkat

Reporter : Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button