NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An’am Ayat 12, Segala yang Ada Di Langit dan Di Bumi Adalah Milik Allah

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-An’am Ayat 12 Berbunyi :

{ قُل لِّمَن مَّا فِی ٱلسَّمَـٰوَ ٰ⁠تِ وَٱلۡأَرۡضِۖ قُل لِّلَّهِۚ كَتَبَ عَلَىٰ نَفۡسِهِ ٱلرَّحۡمَةَۚ لَیَجۡمَعَنَّكُمۡ إِلَىٰ یَوۡمِ ٱلۡقِیَـٰمَةِ لَا رَیۡبَ فِیهِۚ ٱلَّذِینَ خَسِرُوۤا۟ أَنفُسَهُمۡ فَهُمۡ لَا یُؤۡمِنُونَ }

Artinya :

Katakanlah (Muhammad), “Milik siapakah apa yang di langit dan di bumi?” Katakanlah, “Milik Allah.” Dia telah menetapkan (sifat) kasih sayang pada diri-Nya. Dia sungguh akan mengumpulkan kamu pada hari Kiamat yang tidak diragukan lagi. Orang-orang yang merugikan dirinya, mereka itu tidak beriman.

Pada ayat ini Allah mengungkapkan sebuah pertanyaan untuk menyadarkan hamba-Nya bahwa sesungguhnya alam semesta ini adalah milik Allah dan dalam genggaman kekuasaan-Nya.

Katakanlah wahai Muhammad kepada orang-orang musyrik itu, siapakah pemilik dan pencipta segala sesuatu yang ada baik di langit maupun di bumi?

Katakanlah sebagai tuntunan kepada mereka untuk menyadari bahwa sesungguhnya Allah yang menciptakan segala sesuatu yang ada di langit maupun di bumi, kemudian Allah memeliharanya, mengatur segala sesuatu terkaitnya, dan senantiasa berada dalam kekuasaannya. Dengan demikian diharapkan mereka akan terbimbing untuk mengakui dan mengikrarkan keesaan Allah Swt.

Allah telah menetapkan bagi zat-Nya rahmat bagi alam semesta. Mengatur alam semesta baik segala hal yang ada di langit maupun di bumi dengan kasih dan rahmat-Nya.

Allah telah menetapkan bagi zat-Nya bahwa Rahmat Allah jauh lebih besar dari murka-Nya, rahmat Allah jauh lebih dulu dan terdepan dari murka-Nya.

Allah menyediakan rahmat bagi hamba-Nya, maka janganlah ditutup pintu Rahmat itu dengan dosa dan pembangkangan.

Lalu Allah bersumpah akan mengumpulkan hamba-hamba-Nya yang mukallaf kelak di hari kiamat, untuk mempertanggungjawabkan seluruh yang telah dilakukan selama di muka bumi. Tanggung jawaban itu adalah satu hal yang benar benar terjadi, dan tidak dilakukan akan kejadiannya.

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 9 Surat Al A'raf Ayat 157 Ahlul Kitab yang Beriman dan Taat Kepada Nabi Muhammad SAW

Akan tetapi orang-orang zalim terhadap dirinya itu tetap saja membangkang dan tidak menerima kebenaran yang Allah sampaikan sehingga sikap mereka menjadikan mereka orang-orang yang merugi.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button