EKONOMIPALEMBANG

Kenalkan Produk Lokal Sumsel Lewat BKSS, Kemenparekraf Konsisten Dukung Gernas BBI

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Kota Palembang menjadi pilihan tempat untuk membeli produk lokal dalam ke giatan Harvesting atau panen Beli Kreatif Sumatera Selatan (BKSS) tahun 2022 yang berlangsung selama tiga hari ke (18 – 20 November) di Palembang Trade Centre (PTC).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno dalam sambutannya mengatakan secara kon sisten mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang digagas langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo pada tanggal 14 Mei 2020.

Sejalan dengan komitmen pada gerakan tersebut, di tahun 2022 ini Kemenparekraf menginisiasi program Beli Kreatif Sumatera Selatan (BKSS) yang merupakan program turunan dari Gernas BBI.

Ia mengungkapkan, program ini merupakan sinergi antara Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, dan juga mitra “top brands” dalam rangka pemberdayaan UMKM, khususnya pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) pada sub sektor fesyen, kriya & kuliner yang berada di wilayah Sumatera Selatan.

“Diharapkan ke depannya akan adanya peningkatan kontribusi ekonomi kreatif Indonesia, serta mengangkat potensi pariwisata Sumatra Selatan,”katanya.

Ia juga tidak lupa menyapa para hadirin tamu undangan, mitra juga para tim yang telah menyelenggarakan BKSS 2022 yang berjalan sangat baik.

Program ini melibatkan 200 pelaku ekraf yang telah lolos kurasi untuk diikutkan pada pelatihan, pendampingan, dan perluasan pasar dalam rangka meningkatkan omzet  hingga 85,9 persen dan skala usahanya selama tiga bulan.

Sehingga para pelaku ekraf tersebut dapat berkembang menjadi lebih baik lagi dan mampu berkontribusi dalam pemulihan perekonomian nasional, khususnya di wilayah Sumatera Selatan

“Pelaku ekraf peserta BKSS berisi mengenai materi yang meliputi visi dan misi usaha, perekrutan dan pengelolaan karyawan, perpajakan, panduan on-boarding di marketplace sebagai upaya perluasan pasar, laporan keuangan, siap ekspor, pembuatan NIB, keuangan bisnis, dan teknik closing sebagai upaya meningkatkan penjualan,” jelasnya.

BACA JUGA  Harga Emas Perhiasan Melejit, Warga Tarik Ulur untuk Membeli

Adapun kontribusi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terhadap PDB yaitu 60,5 persen dan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 96,9 persen (dari total penyerapan tenaga kerja nasional)

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya dalam sambutannya mengatakan, Sumsel ditempatkan menjadi tempat beli produk lokal.

“Mudah-mudahan ke depannya acara ini dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM dalam peningkatan Perekonomi sumsel,”katanya.

Sebelum penutupan, dalam acara pembukaan BKSS 2022 juga menampilkan fashion show karya dari Dian pelangi, Mustika Ratu, juga Dewan Kerajinan Nasional Indonesia.

Pada kegiatan Harvesting BKSS 2022 ini terdapat 30 UMKM lokal binaan yang menjual beraneka ragam produk kuliner, fesyen  dan kriya karya kreatif mereka.

Apresiasi terbaik juga diberikan kepada sebelas mitra seperti Bank Indonesia, BCA, Dexa Grup, Mustika Ratu, Lemonilo, Dian Pelangi, Pertamina, Bank Sumsel Babel, Tokopedia, dan lainnya.

Juga tidak lupa terdapat Top Lima Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Champion terbaik saat kegiatan harvesting atau BKSS yang berasal asli dari Sumatera Selatan yaitu Kaldin, Rongkes21, Pempek Tenggiri Hana, M’ecotik,dan Nadila Salim.

Selanjutnya dilakukan penutupan BKSS 2022 dengan ditandai tabuhan gendang yang dipimpin Kemenparekraf, Wakil Gubernur Sumatera Selatan dan para jajaran lainnya.

 

Reporter : Tri Jumartini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button