OLAHRAGA

Menparekraf Sandiaga Uno Membuka Poparnas 2022 di Palembang

UMATNEWS.com, Palembang –Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno  membuka secara resmi Pekan Olahraga Pariwisata (Poparnas) pertama yang digelar Politeknik PariwisataPalembang, Sabtu (19/11/2022).

Perhelatan olahraga bagi mahasiswa dan instansi pariwisata pertama di Indonesia ini digelar di kampus Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang hingga 22 November 2022 mendatang.

Sandiaga mengatakan lewat Poparnas ini dapat membuka semangat pariwisata di Tanah Air khususnya di Sumsel.

Direktur Poltekpar Palembang, Dr Anwari Masatip, MM Par mengatakan, peserta pertandingan tak cuma berasal dari Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) di bawah naungan Kemenparekraf, tapi Dinas Pariwisata dan kampus negeri maupun swasta yang memiliki jurusan atau program studi kepariwisataan.

“Peserta Poparnas yang mendaftar sudah mencapai 179 mahasiswa dari 110 satuan kerja atau kontingen. Jumlah itu bisa terus bertambah hingga pelaksanaan.

Ada enam cabang olahraga utama yang dipertandingkan untuk merebut Piala Menparekraf, lalu ada empat cabang olahraga yang digelar untuk pertandingan ekshibisi,” katanya.

Lanjutnya, Poparnas merupakan inisiasi Menparekraf Sandiaga Uno. Kegiatan Poparnas digelar sebagai ajang silaturahmi, pembinaan, dan memeriahkan aktivitas pariwisata di Indonesia.

Anwari menyebut, sektor pariwisata sudah bangkit pasca pandemik COVID-19.

“Pak Menteri menyebut Poparnas tak sekadar pertandingan olahraga yang memperebutkan Piala Menparekraf, tapi lebih dari itu sebagai pemacu dan penanda bahwa pariwisata Indonesia sudah bangkit. Poltekpar Palembang mendapat kehormatan menjadi penyelenggaran atau tuan rumah pertama,” ujar  Anwari.

Anwari menjelaskan, pada Poparnas 2022, cabang olahraga (cabor) utama yang dipertandingkan yakni bulu tangkis, futsal, tenis meja, basket 3on3, e-sport Mobile Legends, dan pencak silat.

Ada juga side event dengan lomba menari, festival musik, talk show, dan penampilan unik serta menarik dari mahasiswa Poltekpar Palembang sebagai tuan rumah kegiatan.

BACA JUGA  Erick Thohir : Rumput JIS Perlu Diganti

“Poparnas dilaksanakan di dua tempat, yakni OPI Futsal Jakabaring dan kampus Politeknik Pariwisata Palembang.

Tuan rumah penyelenggaraan Poparnas selanjutnya ditentukan dari peraih juara umum.

Selain perhelatan olahraga, Poparnas juga melibatkan UMKM yang ada di Palembang pada kegiatan Sport Tourism Festival sebagai side event.

Setidaknya ada sekitar 23 UMKM yang ikut bergabung untuk memeriahkan Poparnas perdana,” jelasnya.

Menparekraf RI, Sandiaga Uno mengatakan, gagasan mendorong sport tourism di Indonesia dapat terus menjadi tonggak Indonesia mengangkat pariwisata dari sisi berbeda.

“Harapannya ke depan mampu melakukan kegiatan berkelanjutan. Poparnas tetap akan diadakan di Palembang karena ini adalah keunggulan Palembang dan harus diperluas mengundang poltekpar swasta dan kampus lain. Bahkan cabor yang dimainkan akan terus bertambah,” katanya.

Pembukaan Poparnas di Poltekpar Palembang Ini ditandai dengan digelarnya pertandingan basket 3 on 3 antara tim Menparekraf RI dengan tim Persatuan Bola Basket (Perbasi) Palembang.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Poparnas Muhammad Iqbal mengatakan, kegiatan tahun pertama Poparnas mengusung beberapa cabor. Meski belum banyak cabor yang dipertandingkan di tahun ini, dirinya yakin penyelenggaraan kegiatan Poparnas akan semakin baik ke depan.

 

 

Reporter : MN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button