PALEMBANGSEHAT

Fitrianti Agustinda Minta BPJS Kesehatan Hapuskan Rujukan Berjenjang

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Aturan Rujukan berjenjang di sistem BPJS Kesehatan sering dikeluhkan para peserta karena dianggap memperlambat didapatkannya perawatan yang diinginkan.

Biasanya, untuk sampai di rawat di Faskes tingkat lanjutan atau rumah sakit, pasien harus melewati sistem rujukan berjenjang mulai dari Faskes tingkat pertama hingga tingkat kedua.

Pada momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 yang dilakukan tingkat kota Palembang, Wakil Walikota Fitrianti Agustinda meminta peningkatan pelayanan kesehatan ke pihak BPJS kesehatan dengan menghapus sistem rujukan berjenjang itu.

“Kami minta ke BPJS kesehatan untuk rujukan berjenjang dihapuskan, karena itu menyulitkan masyarakat,” katanya, Senin (21/11/2022).

Rujukan berjenjang akan menyulitkan bagi masyarakat yang jauh dari Faskes juga yang rumahnya di dekat RSUD.

“Pasien banyak diover dari dokter keluarga, harus ke klinik dulu dan lainnya, harusnya langsung saja ke rumah sakit,” katanya.

Dengan 41 puskesmas, dan 2 RSUD yang dibangun pemerintah Kota Palembang, maka tidak ada lagi warga yang kesulitan mendapatkan layanan kesehatan.

“Tidak dihambat dan dihalangi.

Cukup bawa fotokopi KTP sudah bisa dapat layanan kesehatan,” jelasnya.

Karena pada Momentum HKN ke 58 ini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat.

“Palembang akan pulih dan lebih baik. Apalagi pemerintah sangat konsen terhadap bidang kesehatan, dan pendidikan yang juga sudah dijamin pemerintah pusat,” katanya.

Komitmen pemkot Palembang untuk memberikan peningkatan pelayanan kesehatan diantaranya dengan sudah Universal Health Coverage (UHC) Palembang yang hampir 100 persen.

Dari sekitar 1,7 juta masyarakat kota Palembang sudah 99, 39 persen yang punya BPJS kesehatan.

“Kami fokus terkait kesehatan, kalau masyarakat yang belum punya BPJS segera daftarkan diri,” katanya.

BACA JUGA  Pj Gubernur Agus Fatoni Terima Piagam dan Jas Kehormatan PWI Pusat pada Puncak HPN PWI Sumsel Tahun 2024

 

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button