SEHAT

Ini Pilihan Makanan Bagi Pengidap Radang Usus, Salah Satunya Makanan Probiotik

MAKLUMATNEWS.com – Radang usus adalah sekelompok kondisi yang menyebabkan sistem pencernaan  meradang. Jenis radang usus yang paling umum adalah kolitis ulseratif dan penyakit Crohn.

Untuk kamu mengidap radang usus, menerapkan pola makan berserat sangat penting untuk meredakan gejalanya atau bahkan menghilang. Makanan berserat  dapat mengurangi gejala radang usus seperti sakit perut dan kram. Beberapa makanan  yang disarankan adalah kaldu, jus tomat, dan larutan rehidrasi.

Namun, makanan berserat saja tidak cukup, terlalu banyak serat juga bisa menyebabkan peningkatan buang air. Perubahan pada kebiasaan makan dapat membantu mengontrol gejala radang usus. Lantas, jenis makanan apa yang disarankan untuk mereka konsumsi? Mengutip dari halodoc.com, ini beberapa pilihannya:

  1. Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat contohnya adalah oat, kacang-kacangan, barley, dan biji-bijian. Namun, untuk kasus penyempitan usus, dokter menyarankan untuk melanjutkan diet rendah serat. Pasalnya, pada kondisi penyempitan usus, serat justru dapat memicu peningkatan gas.

  1. Makanan yang Tinggi Protein

Contoh makanan tinggi protein adalah daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, dan tahu. Sumber protein dapat mengurangi peradangan usus melalui proses induksi secara kimiawi. Diet protein mengatur respon imun dengan mengubah struktur dan komposisi mikroba usus.

  1. Buah dan Sayuran

Memasukkan kombinasi buah dan sayuran dalam makanan harian dapat meringankan gejala radang usus. Pasalnya, buah dan sayur biasanya menjadi sumber serat yang baik untuk meringankan gejala.

  1. Makanan yang Kaya Kalsium

Makanan kaya kalsium seperti yogurt, kefir, dan susu baik untuk pengidap radang usus. Mengapa demikian? Pasalnya kalsium dapat membantu mengurangi diare. Kalsium akan bekerja dengan cara memadatkan tinja.

  1. Makanan dengan Probiotik
BACA JUGA  Sakit Kepala Ringan, Minum Air Putih Obatnya

Yoghurt, kimchi, sup miso, dan tempe baik untuk pengidap radang usus karena mengandung probiotik. Probiotik mengandung bakteri hidup yang dapat membantu menyeimbangkan mikrobiota usus dan meningkatkan respons imun pada usus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button