OLAHRAGA

Luar Biasa, Kiper Shuichi Gonda Lakukan Delapan Penyelamatan Gemilang

MAKLUMATNEWS.com, Qatar – Pertandingan pertama Grup E Piala Dunia 2022 baru saja selesai.

Hasilnya di luar dugaan penonton.

Karena secara mengejutkan Timnas Jerman keok dari Jepang.

Kedudukan akhir 1-2.

Pertandingan berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Rabu (23/11/2022) malam WIB,

Dengan kemenangan ini, Samurai Biru (julukan timnas Jepang) menempati peringkat kedua klasemen Grup E Piala Dunia 2022 dengan catatan tiga poin di bawah Spanyol.

Ada 7 fakta menarik dari kekalahan Tim Der Panzer Jerman dari Jepang.

Apa saja?

 

Berikut penjelasannya.

  1. Jerman kalah pada laga Piala Dunia setelah mereka memimpin pada babak pertama untuk pertama kalinya sejak 1978 (kalah 2-3 dari Austria). Sebelum takluk dari Jepang, Jerman tak terkalahkan dalam 21 pertandingan.
  1. Untuk pertama kalinya dalam sejarah timnas Jerman, tim berjuluk Der Panzer itu kalah beruntun dalam dua pertandingan pembuka mereka di Piala Dunia. Sebelumnya, Jerman kalah 0-1 pada laga pertama mereka di Piala Dunia 2018 (kontra Meksiko).
  1. Ini merupakan kemenangan pertama Jepang atas Jerman. Sebelumnya, Jepang kalah 0-3 dan bermain imbang 2-2 melawan Jerman pada laga persahabatan.
  2. Jepang memenangi laga Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah kebobolan lebih dulu. Dalam situasi yang sama sebelumnya, Jepang mencatatkan 11 kekalahan dan 2 kali imbang.
  3. Kiper Shuichi Gonda membuat delapan penyelamatan gemilang pada laga ini. Terbanyak bagi kiper Jepang setelah Yoshikatsu Kawaguchi melawan Brasil pada 2006 (10).
  4. Melalui Ritsu Doan dan Takuma Asano, Jepang menjadi tim pertama di mana dua pemain penggantinya mencetak gol dalam satu pertandingan Piala Dunia melawan Jerman.
  5. Lima pemain Jepang yang menjadi starter pada laga ini juga bertanding di Jerman, yakni Ko Itakura (Borussia Moenchengladbach), Maya Yoshida (Schalke), Wataru Endo (Stuttgart), Ao Tanaka (Fortuna Dusseldorf), dan Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt).
BACA JUGA  Pertandingan Kapolrestabes Cup tahun 2023 Ditutup, Ajang Tumbuhkan Jiwa Sportifitas Anak Muda

Selain itu, dua pemain cadangan yang mencetak gol juga bertanding di Jerman. Ritsu Doan membela klub Freiburg, sedangkan Takuma Asano memperkuat VfL Bochum. (*/Kompas.com)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button