INTERNASIONAL

Dubes Zuhairi Misrawi Bertemu Menteri Perdagangan Tunisia

Bahas Peningkatan Kerjasama Perdagangan Indonesia-Tunisia 

MAKLUMATNEWS.com, Tunisia — Duta Besar Republik Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi bertemu dengan Menteri Perdagangan Tunisia, Kultsum Rajab di Kantor Kementerian Perdagangan, Tunis (21/3).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas peningkatan kerjasama perdangan Indonesia-Tunisia.
“Kerjasama perdagangan Indonesia-Tunisia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.
Pada tahun 2021, volume perdagangan mencapai 130 juta US Dollar, dan pada tahun 2022 sudah melampaui 200 juta US Dollar.
Saat ini, Indonesia-Tunisia sedang membahas kesepakatan perdagangan (Preferential Trade Agreement) dalam rangka meningkatkan kerjasama perdagangan.
Inisiatif ini datang dari Indonesia dalam rangka memenuhi aspirasi pelaku ekspor dan impor agar tercipta suasana bisnis yang terbuka, mudah, dan menguntungkan kedua negara.
Kesepakatan perdagangan (PTA) sudah dimulai pada tahun 2018, dan saatnya untuk disepakati dan ditandatangani kedua negara”, ujar Dubes RI kader PDI Perjuangan.
Selain itu, Dubes Zuhairi Misrawi juga menyampaikan, bahwa Indonesia terus memberikan kemudahan pada eksportir dan importir dari Tunisia, khususnya kurma, minyak zaitun, dan fosfat.
“Saya berharap besar ekspor dari Tunisia ke Indonesia dapat menjadi jembatan penguatan hubungan bilateral Indonesia-Tunisia, yang dirintis Presiden Sukarno dan Presiden Habib Bourgaiba di masa lampau.
Kami juga terus memberikan kemudahan dan memfasilitasi para importir dari Tunisia, yang dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan”, ujar Dubes Zuhairi Misrawi.
Menteri Perdagangan Tunisia, Kultsum Rajab menyambut dengan baik dan merespons positif inisiatif untuk melanjutkan pembahasan dan perundingan kesepakatan perdagangan kedua negara.
Ia menegaskan bahwa setuju agar segera melanjutkan pembahasan dan perundingan tentang kesepakatan perdagangan kedua negara.
“Kerjasama perdagangan Indonesia-Tunisia di masa mendatang harus ditingkatkan”, tandasnya. (*/KBRI Tunis)

BACA JUGA  Pervez Musharraf, Mantan Presiden Pakistan Tutup Usia di Dubai 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button