CAHAYA RAMADAN

Tiga Sebab Gugurnya Pahala Puasa

MAKLUMATNEWS.com, Palembang —  Ada tiga hal yang dapat menggugurkan pahala puasa sebagaimana pernah dipublikasikan NU Online dalam tulisan berjudul Tiga Sebab yang Membatalkan Pahala Puasa

  1. Melakukan perbuatan dosa yang dapat menggugurkan pahala puasa seperti menggunjing orang lain, melakukan adu domba, berbohong, melihat dengan syahwat, dan berbuat sumpah palsu.

Hal ini sebagaimana telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadits berikut:

خمسٌ يُفطِرن الصّائِم: الغِيبةُ، والنّمِيمةُ، والكذِبُ، والنّظرُ بِالشّهوةِ، واليمِينُ الكاذِبةُ

Artinya: “Lima hal yang bisa membatalkan pahala orang berpuasa: membicarakan orang lain, mengadu domba, berbohong, melihat dengan syahwat, dan sumpah palsu” (HR Ad-Dailami).

  1. Berpuasa tapi dengan tujuan ingin mendapat pujian dari orang lain (riya) atau ibadah puasa yang dilakukan dirinya merasa lebih baik dari puasa yang dilakukan orang lain.

Selain bisa menggugurkan pahala puasa, sifat riya juga tergolong dalam perbuatan syirik.

Rasulullah SAW bersabda:

 

ومنْ صَامَ يُرائِي فقد أشرَكَ

Artinya: “Barang siapa yang berpuasa namun ia riya, maka dia telah berbuat syirik.” (HR Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Thabrani)

  1. Berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan haram. Orang yang berpuasa dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari bisa menjadi gugur pahalanya dengan sebab berbuka puasa dengan makanan haram seperti makanan hasil curian atau sesuatu yang dihukumi najis dalam Islam.

Selain menggugurkan pahala puasa, mengonsumsi makanan haram juga bisa membuat orang menjadi malas beribadah. (*/NU.or.id)

 

 

 

BACA JUGA  Doa Sambut Ramadan Sesuai Sunnah: Arab, Latin, dan Terjemahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button