CAHAYA RAMADANPALEMBANG

KH Amiruddin Muslim Anshori : 4 Golongan yang Dirindukan Surga

MAKLUMATNEWS.com KH Amiruddin Muslim Anshori mengemukakan ada 4 golongan umat islam yang dirindukan oleh surga. “ Ini terbalik, selama ini kita merindukan surga, tapi sekarang surga yang merindukan golongan orang-orang,” ucap KH Amiruddin Muslim Anshori ketika memberikan ceramah rawatib bulan ramadan 1444 H, ba’da Zuhur Senin 27 Maret 2023 bertepatan dengan hari kelima ramadan di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikromo Palembang.

Lalu siapa 4 golongan yang dirindukan surga tersebut ? Dihadapan jamaah sholat zuhur tersebut, Ustadz Amir—demikian sapaan akrabnya—lantas mengutip sebuah hadist yang menyebutkan keempat golongan tersebut adalah pertama orang yang mempelajari alquran, kedua orang mampu menahan dan menjaga lidah (lisan), ketiga orang yang memberikan makanan kepada fakir miskin atau bersedekah dan terakhir keempat adalah golongan orang-orag yang berpuasa ramadan.

“Jadi kita yang sekarang berpuasa ini, termasuk golongan yang dirindukan surga, namun puasanya harus ikhlas semata-mata mengharapakan ridho Allah, tidak sekedar menahan lapar dan haus,” ujar Ustadz Amir alumni Ponpes Gontor dan Ar Riyad Palembang ini.

Dikatakan, meskipun hadist ini berstatus dhoif, namun karena untuk fadilah amal, maka boleh dipakai atau dijadikan dalil. Sebab hadist ini ada juga tercantaum di berbagai kitab ulama terkenal dahulu seperti Imam Syafei.

Berkaitan dengan 4 golongan yang dirindukan surga tersebut,  Ustadz Amir juga mengutip Surat Ali Imran ayat 133 dan 134 yang artinya : “ Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,  (yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan,”.

BACA JUGA  Putar Lagu Remix Hingga Dini Hari, Polsek Sukarami Sita Orgen Tunggal di Acara Tujuh Belasan...! 

“Jadi intinya, orang bertakwa itu bercirikan tidak suka emosi, bosa menahan amarah, suka memaafkan orang yang telah menyakitinya,” jelas KH Amiruddin Muslim Anshori. (*)

Editor : Aspani Yasland

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button