PENDIDIKAN

1.681 Orang Lolos SNBP Unsri

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Pengumuman hasil Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Universitas Sriwijaya (UNSRI) 2023 diumumkan hari ini, Selasa (28/32023) pukul 15.00 WIB melalui website resmi https://pengumuman-snbp-snpmb.bpp.kemendikbud.go.id.

Untuk kuota SNBP Unsri tahun ini menerima 1.681 orang. Total pendaftar 20.830 orang.

SNBP Unsri 2023 adalah salah satu jalur dalam penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2023, selain Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri.

Rektor Universitas Sriwijaya. Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, IPU., ASEAN. Eng mengatakan, Universitas Sriwijaya menerima 1.681 mahasiswa baru dari jalur SNBT Unsri 2023 dari total 20.830 pendaftar.

“Tercatat sebanyak 15.402 pendaftar yang mendaftar satu pilihan jurusan program studi dan 12.792 yang tercatat mendaftar dengan dua pilihan program studi,” ujarnya, Selasa (28/3/2023).

Anis mengatakan, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi SNBP tahun 2023 di Universitas Sriwijaya yang tercantum dalam Pengumuman Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Nomor 01/Peng.SNPMB/2023 tanggal 28 Maret

Tahapannya yakni lolos verifikasi dokumen akademik yakni verifikasi rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/surat keterangan tanda lulus (SKTL) asli dan persyaratan lain yang akan dilaksanakan oleh Universitas Sriwijaya.

Bagi peserta KIP-Kuliah harus lolos verifikasi terhadap dokumen akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen dan atau kunjungan ke alamat tinggal calon mahasiswa.

Untuk itu calon mahasiswa diwajibkan mengikuti verifikasi dokumen akademik yakni rapor dan portofolio asli dan dokumen lainnya.

Anis mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya ada saja siswa atau sekolah yang mencoba mengaku tidak jujur dengan memalsukan nilai rapor atau juga kondisi ekonomi keluarga dengan harapan bisa membayar biaya kuliah paling ringan padahal secara ekonomi mereka mampu

BACA JUGA  Rektor Unsri Resmikan Gedung Klinik Kesehatan Unsri Palembang

Verifikasi ini harus asli dan benar, jika terdapat kesengajaan unsur penipuan maka calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dibatalkan kelolosannya karena tidak jujur,” tegas Anis.

Anis menuturkan, tahapan verifikasi data calon mahasiswa dengan mengisi biodata, data akademik dan data lainnya secara daring (online) dengan mengunggah dokumen/foto pada laman web http://reg.unsri.ac.id

Verifikasi mulai tanggal 28 Maret 2023 pukul 21.00 WIB s.d. tanggal 10 April 2023 pukul 23.59 WIB.

Kemudian calon mahasiswa mencetak hasil pengisian biodata.

Tahap selanjutnya calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran SNBP dengan menggunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP-K) maka status pembiayaan pendidikannya pada cetak hasil pengisian biodata adalah Calon Penerima Pembiayaan KIP-K.

Bagi pemegang KIP-K tetapi saat pedaftaran SNBP tidak menggunakan KIP-K maka pembiayaannya adalah Non KIP-K yakni calon mahasiswa regular atau biasa dengan pembiayaan sendiri.

Mempersiapkan dokumen yang diminta sesuai petunjuk dan daftar yang ada pada hasil cetakan.

Dokumen yang telah diisi dan lengkap dikirimkan ke Sekretariat Panitia SNBP Universitas Sriwijaya sesuai alamat yang tertera pada hasil cetakan.

Panitia tidak menerima pengantaran langsung dan jasa pengantaran yang tidak memberikan bukti pengiriman ke sekretariat.

Hasil verifikasi data akademik calon penerima KIP-K dan Non KIP-K yang akan menjadi penentu diterima di Universitas Sriwijaya dapat dilihat melalui laman web http://reg.unsri.ac.id mulai tanggal 15 Mei 2023.

“Bagi calon mahasiswa yang juga sebagai Calon Penerima Pembiayaan KIP-K, verifikasi data kemampuan ekonomi, dan verifikasi sebagai KIP-K berdasarkan dokumen dan atau dilakukan kunjungan ke rumah masing-masing untuk memastikan apakah benar data yang isi dengan fakta yang ada di lapangan sebab jika setelah diverifikasi ternyata datanya berbeda maka calon mahasiswa tersebut kelolosannya dibatalkan,” tegas Anis.

BACA JUGA  Prof Taufiq Marwah Terpilih Menjadi Rektor Unsri Periode 2023-2027

Bagi calon mahasiswa Non KIP-K dengan alasan tertentu, dapat diminta datang untuk melakukan verifikasi dan akan dihubungi oleh panitia melalui nomor handphone yang diisikan pada isian biodata;

Bagi calon mahasiswa Non KIP-K dengan alasan tertentu, dapat diminta datang untuk melakukan verifikasi dan akan dihubungi oleh panitia melalui nomor handphone yang diisikan pada isian biodata

“Bagi calon mahasiswa yang juga sebagai Calon Penerima Pembiayaan KIP-K, verifikasi data kemampuan ekonomi, dan verifikasi sebagai KIP-K berdasarkan dokumen dan atau dilakukan kunjungan ke rumah masing-masing, jadwalnya akan ditentukan kemudian,” bebernya.

Anis mengungkapkan, selain KIP-K juga banyak beasiswa lain, ada dari peru sahaan, ada dari bank dan yang terakhir ini ada dari Bank Indonesia.

Hari ini diumumkan dari Bank Indonesia 175 beasiswa untuk 3 perguruan tinggi dan Unsri dapat 75 kuota, bagus itu.

Poltek dapat 50 kuota dan UIN dapat 50 kuota.

“Itu adalah kepedulian dari instansi. Saya selaku Rektor mengajak kita semua ayo gotong royong perusahaan-perusahaan daerah, perusahaan pengelolaan tambang daerah mari kita didik anak-anak bangsa ini dengan kita berkontribusi, kita memberikan bantuan proses pendidikan ini.

Karena perguruan tinggi tidak boleh lagi menentukan semena-mena harus sesuai dengan kemampuan anaknya.

Jadi kita lakukan itu tapi untuk menjadi maju itu perlu dana maka berikanlah CSR-nya baik untuk risetnya atau paling tidak CSR itu untuk membantu anak-anak kita yang masih kena UKT.

Berikanlah bantuan UKT untuk anak didik kita,” tandasnya.

 

 

Reporter :  Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button