NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al An’am Ayat 130  Rasul Telah Dikirim Kepada Mereka

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-An’am Ayat 130 berbunyi :

{ یَـٰمَعۡشَرَ ٱلۡجِنِّ وَٱلۡإِنسِ أَلَمۡ یَأۡتِكُمۡ رُسُلࣱ مِّنكُمۡ یَقُصُّونَ عَلَیۡكُمۡ ءَایَـٰتِی وَیُنذِرُونَكُمۡ لِقَاۤءَ یَوۡمِكُمۡ هَـٰذَاۚ قَالُوا۟ شَهِدۡنَا عَلَىٰۤ أَنفُسِنَاۖ وَغَرَّتۡهُمُ ٱلۡحَیَوٰةُ ٱلدُّنۡیَا وَشَهِدُوا۟ عَلَىٰۤ أَنفُسِهِمۡ أَنَّهُمۡ كَانُوا۟ كَـٰفِرِینَ }

Artinya :

Wahai golongan jin dan manusia! Bukankah sudah datang kepadamu rasul-rasul dari kalanganmu sendiri, mereka menyampaikan ayat-ayat-Ku kepadamu dan memperingatkanmu tentang pertemuan pada hari ini? Mereka menjawab, “(Ya), kami menjadi saksi atas diri kami sendiri.” Tetapi mereka tertipu oleh kehidupan dunia dan mereka telah menjadi saksi atas diri mereka sendiri, bahwa mereka adalah orang-orang kafir.

Pada ayat ini Allah mengingatkan kepada kafir jin dan kafir manusia akan hari kiamat, bukankah telah datang kepada kalian Rasul dari jenis kalian?

Ibnu Katsir berkata bahwa rasul yang dimaksud adalah jenis manusia karena tidak ada Rasul dari jenis jin. Rasul tersebut telah datang menjelaskan ayat-ayat-Ku baik perintah maupun larangan, penjelasan baik dan buruk, menginformasikan tentang hari kiamat dan pembalasan.

Lalu orang-orang kafir itu bersaksi bahwa benar rasul tersebut telah tiba dan menyampaikan ayat-ayat Allah, dan menginformasikan tentang pertemuan hari kiamat itu, namun mereka mendustakan dan mengingkari itu semua karena terperdaya oleh kehidupan dunia.

Orang-orang kafir itu lalu bersaksi bahwa mereka mendustakan, membangkang dan menentang terhadap Allah.

Wallahu A’lam
Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al An'am Ayat 160  Rahmat dan Keadilan Allah Berlaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button