NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al An’am Ayat 137  Setan Memperdaya Mereka

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-An’am Ayat 137 berbunyi :

{ وَكَذَ ٰ⁠لِكَ زَیَّنَ لِكَثِیرࣲ مِّنَ ٱلۡمُشۡرِكِینَ قَتۡلَ أَوۡلَـٰدِهِمۡ شُرَكَاۤؤُهُمۡ لِیُرۡدُوهُمۡ وَلِیَلۡبِسُوا۟ عَلَیۡهِمۡ دِینَهُمۡۖ وَلَوۡ شَاۤءَ ٱللَّهُ مَا فَعَلُوهُۖ فَذَرۡهُمۡ وَمَا یَفۡتَرُونَ }

Artinya :

Dan demikianlah berhala-berhala mereka (setan) menjadikan terasa indah bagi banyak orang-orang musyrik membunuh anak-anak mereka untuk membinasakan mereka dan mengacaukan agama mereka sendiri. Dan kalau Allah menghendaki, niscaya mereka tidak akan mengerjakannya. Biarkanlah mereka bersama hal (kebohongan) yang mereka ada-adakan.

Pada ayat ini Allah menyatakan sebagaimana setan menggoda mereka sehingga tampaklah bahwa pembagian peruntukan rizki yang mereka miliki untuk Allah dan untuk sembahan mereka seolah-olah sesuatu yang baik, maka setan juga lah yang membujuk rayu mereka sehingga sebagian di antara mereka membunuh anak mereka karena khawatir miskin, dan pembunuhan tersebut dalam benak mereka adalah sesuatu jalan yang baik.

Jikalaulah Allah berkehendak agar mereka memperoleh hidayah agar tidak terjerumus dalam perbuatan buruk ini, niscaya mereka akan terhindar perbuatan buruk tersebut.

Allah biarkan mereka terjerumus dalam kesesatan tersebut disebabkan oleh keburukan hati dan perbuatan mereka. Karenanya biarkanlah mereka wahai Muhammad dalam kesesatan dan kedustaan mereka.
.

Wallahu A’lam
Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al An'am Ayat 161 Inilah Agama yang Lurus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button