NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al A’raf Ayat 26  Allah Menyediakan Pakaian Bagi Manusia

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-A’raf Ayat 26 berbunyi :

{ یَـٰبَنِیۤ ءَادَمَ قَدۡ أَنزَلۡنَا عَلَیۡكُمۡ لِبَاسࣰا یُوَ ٰ⁠رِی سَوۡءَ ٰ⁠ تِكُمۡ وَرِیشࣰاۖ وَلِبَاسُ ٱلتَّقۡوَىٰ ذَ ٰ⁠لِكَ خَیۡرࣱۚ ذَ ٰ⁠لِكَ مِنۡ ءَایَـٰتِ ٱللَّهِ لَعَلَّهُمۡ یَذَّكَّرُونَ }

Artinya :

Wahai anak cucu Adam! Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagaimana halnya dia (setan) telah mengeluarkan ibu bapak kamu dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.

Pada ayat ini Allah menyeru kepada anak cucu Adam, manusia; “Wahai Manusia sungguh Kami telah ciptakan pakaian yang berguna untuk menutup aurat kalian, disamping hanya penutup aurat, Kami juga telah menciptakan pakaian yang bisa kalian gunakan untuk perhiasan dan keindahan. Itu semua pakaian yang berbentuk fisik.

Di samping itu pakaian ketakwaan yaitu ketundukan untuk melaksanakan perintah-perintah Allah dan menghindari larangan-Nya jauh lebih baik dan lebih penting dari pakaian fisik.

Pakaian-pakaian yang Kami sebutkan pada ada ayat ini menunjukkan kekuasaan dan keagungan Allah. Dan inilah yang membedakan manusia dengan binatang lainnya, agar kalian menyadari nikmat Allah itu dan mensyukurinya.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 9 Surat Al A'raf Ayat 129 Motivasi Nabi Musa kepada Kaumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button