PENDIDIKAN

SMP IT Al Furqon Komitmen Cetak Generasi Unggul yang Ahli Fikir, Ahli Zikir dan Ahli Ikhtiar

MAKLUMATNEWS.com, Palembang –Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Furqon Palembang akan memperingati milad ke 20 tahun.

SMP Islam Terpadu (IT) Al Furqon Palembang terus berkomitmen mencetak generasi unggul yang Ahli Fikir, Ahli Zikir dan Ahli Ikhtiar, yang berketeladanan serta berwawasan lingkungan dan global untuk menghasilkan lulusan berkualitas.

Kepala Sekolah SMP Islam Terpadu Al Furqon, Sunyoto, S.Pd mengatakan, tahun ini adalah Milad SIT Al Furqon Palembang yang ke 20.

Pada tahun 2003, awalnya Sekolah Islam Terpadu (IT) Al Furqon Palembang berdiri adalah TK dan SD.

Seiring berjalan waktu, pada tahun 2008 SIT Al Furqon bisa membuka SMP Al Furqon Palembang.

“Selama proses berdirinya SMP IT Al Furqon Palembang ini memang banyak sekali lika likunya.

Awalnya jumlah siswanya hanya beberapa orang, tidak sampai 50 orang. Awal-awalnya sekitar 2 kelas.

Tapi kita memberikan fasilitas berasrama sampai sekarang masih berasrama, memang konsep kita adalah full day dan ada boarding,” ujarnya saat diwawancarai diruang kerjanya, Selasa (25/7/2023).

“Melihat perjalanannya waktu SMP ini luar biasa. Dari awalnya untuk merekrut siswa atau mencari siswa itu penuh perjuangan, tapi wajar di awal-awal masih merintis.

Jadi kalau kita lihat perkembangannya sampai sekarang, alhamdulillah dari tahun 2008 sampai sekarang itu setiap tahun grafiknya selalu naik dari jumlah siswa.

Dan alhamdulillah prestasi yang diraih pun begitu banyak, ketika kita mengikuti event-event lomba-lomba siswa baik untuk olimpiade, karya ilmiah dan lain sebagainya.

Alhamdulillah kita bisa mendapatkan peringkat baik di tingkat kota, tingkat provinsi bahkan tingkat nasional,” tambah Sunyoto.

 

Target Output

Lebih lanjut Sunyoto menuturkan, pihaknya memiliki target outputnya adalah sama seperti keinginan orang tua siswa itu berharap anak-anaknya bisa melanjutkan ke SMA unggulan.

“Alhamdulillah setiap tahun lulusan dari SMP IT Al Furqon bisa percaya oleh sekolah-sekolah unggulan seperti SMAN 1 Palembang, SMAN 17 Palembang, SMAN 6 Palembang dan SMAN 3 Palembang.

BACA JUGA  Haru dan Khidmat Warnai Wisuda Kelas 9 dan Hafidz Angkatan 13 SMPIT Al Furqon Palembang 

Itu bisa setiap tahun bisa mendapatkan jalur undangan yang tanpa tes.

Dan alhamdulillah beberapa tahun terakhir ada siswa yang bisa tembus ke SMA Taruna Nusantara di Magelang.

Tahun 2022 ada satu siswa dan tahun 2023 juga ada satu yang diterima di SMA Taruna Nusantara di Magelang,” katanya.

Sunyoto menjelaskan, setiap sekolah pasti punya ciri khas masing-masing. Kalau kita di sini menonjolkan ada tahfidz Alquran. Kemudian kita boarding atau asrama.

“Jadi di samping kita ada pembinaan keagamaan kita juga ada dari pembinaan akademik.

Kita ada pembinaan khusus untuk siswa berprestasi untuk lomba kita persiapkan. Guru melakukan pembinaan kepada peserta didik kita,” tuturnya.

Kemudian, sambung dia, untuk boarding dari awal SMP IT Al Furqon siswanya tidak hanya dari kota Palembang. Tapi dari seluruh kabupaten kota di Sumsel.

“Kita berikan fasilitas boarding atau asrama kepada siswa-siswi luar kota. Dalam boarding itu sendiri ada program yang sudah dicanangkan yakni ada tahfidz Quran, dan ada juga kajian-kajian yang sifatnya membangun untuk keislaman yakni kajian kitab murojaah, tafsir dan sebagainya di asrama,” bebernya.

Sunyoto menjelaskan, untuk pola pembelajaran di SMP IT Al Furqon ada berbagai macam metode diterapkan di sini.

“Yang jelas kita terapkan itu metode yang menyenangkan bagi anak. Sehingga anak itu mudah untuk menerima.

Jadi kita berusaha anak itu nyaman di sekolah dan kita mengedepankan pembangunan akhlak itu yang utama.

Karena kita berharap anak-anak kita itu sesuai dengan visi SMP IT Al Furqon yakni Terwujudnya Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Furqon Palembang yang merupakan bagian dari pembangunan peradaban umat islam sebagai sekolah unggulan dan rujukan dalam pendidikan yang menghasilkan lulusan berkualitas.

Dan misi pertama menyelenggarakan pembelajaran yang menjadikan peserta didik menjadi Ahli Fikir, Ahli Dzikir dan Ahli Ikhtiar, yang berketeladanan serta berwawasan lingkungan dan global.

Kedua, menyelenggarakan pembelajaran yang mengembangkan budaya membaca, menulis, berdiskusi dan berkarya serta mampu beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi melalui potensi minat dan bakat,” paparnya.

BACA JUGA  Alhamdulillah, Kementerian Agama akan Cairkan Dana BOS Madrasah Swasta sebesar Rp 4 Triliun

“Itu harus sinkronisasi antara hati, akal dan perbuatan. Sehingga masalah akhlak itu sangat penting bukan hanya sekedar akademik.

Alhamdulilah orang tua masih mempercayakan kita untuk mendidik anaknya. Di tahun ajaran 2023-2024 ada sebanyak 160 siswa yang masuk disini, dan alhamdulilah jumlahnya terus meningkat setiap tahun,” urainya.

Untuk sisi SDM, dia mengenakan, dari kuantitas dari awal sampai sekarang cukup. Artinya sesuai dengan jumlah kelasnya, jumlah mata pelajaran juga sudah cukup dan sudah sesuai dengan spesifikasi jurusan masing-masing.

“Untuk peningkatan kompetensi kita sering melakukan pelatihan pelatihan. Misalnya dinas pendidikan pelatihan tentang kurikulum atau tentang bimtek yang lain itu kita selalu mengirim untuk meningkatkan kompetensi guru tersebut.

Selain itu, guru kita sering mengikuti MGMP di Dinas Penidikan. Kita juga melaksanakan kegiatan pembinaan yang sifatnya khusus guru dan pegawai yang rutin setiap tahun. Untuk jumlah guru di SMP IT Al Furqon 47 orang,” ucapnya.

 

Akhlakul Karimah

Untuk capaian yang ingin dicapai kedepan, Sunyoto mengungkapkan, kalau dari sisi siswa prestasi pertama anak-anak lulusan punya akhlak yang baik dan mempunyai kepedulian yang baik.

“Kita mengedepankan akhlak. Pendidikan karakter akhlakul karimah dan ibadahnya bagus dan ketaatan tetap istiqomah walaupun sudah tamat dari Al Furqon tetap istiqomah menjalankan syariat Allah sesuai Alquran dan As Sunah.

Kemudian harapan kita lulusan kita bisa diterima lembaga yang bagus dan unggulan. Harapan kita output kita bisa diterima di jenjang pendidikan sekolah menengah atas yang sesuai dengan harapan anak-anak.

Kemudian kita juga berharap ketika mereka berkompetisi dalam lomba-lomba anak-anak kita bisa mendapatkan juara.

Makanya kita intens pembinaan ini dilakukan setiap saat baik itu dari tingkat kota, provinsi maupun nasional, kita harapkan bisa meraih prestasi,” pungkasnya.

 

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button